ArunaIndonesia, Jakarta – Pusat Koperasi Unit Desa Mina Laksmana Mukti Provinsi Jawa Barat disingkat Puskud Mina Laksmana Mukti Jabar terbentuk sejak tahun 1980. Puskud Mina Laksmana Mukti menjadi salah satu koperasi yang telah diintegrasikan oleh Aruna Indonesia.

Berawal dari komunitas nelayan yang terbentuk menjadi Koperasi Perikanan dan menjadi koperasi yang paling tua karena telah terbentuk sejak jaman penjajahan Belanda di wilayah pesisir Indonesia. Di tahun 1936, tepatnya di wilayah Pantai Eretan Indramayu, lahir sebuah koperasi perikanan laut yang sering disebut KPL Eretan yang juga disusul dengan pendirian KPL Blanakan dan KPL di daerah pesisir lainnya.  Adanya KPL ini sebagai wadah perjuangan ekonomi Koperasi Perikanan Darat (KPD).

Di era orde baru, KPL dan KPD yang berada di wilayah Jawa Barat berganti nama menjadi KUD Mina mengikuti kebijakan pemerintah pada masa itu dimana hampir seluruh KUD Mina di Jawa Barat masuk dalam kategori KUD Mandiri. Menurut pemerintah pada saat itu, dinilai memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pada tahun 1980, seiring dengan kepentingaan bersama, KUD Mina di Jawa Barat dibentuklah koperasi sekunder di tingkat propinsi yang diberi nama Pusat KUD Mina Laksmana Mukti Jawa Barat.

Saat ini, KUD Mina Laksmana Mukti diketuai oleh Nurodi, SE dan wakil ketuanya adalah H. Suryana, SE. selama masa periode 2015 – 2020. Anggota dari KUD Mina Laksmana Mukti Jabar terdiri dari KUD Mina Karya  Bahari, KUD Mina Makmur Sejahtera, KUD Mina Waluya, KUD Mina Bumi Bahari, KUD Mina Jaka Bhakti, KUD Mina Samudera Karya, KUD Misaya Mina, KUD Ngupaya Mina, Koperasi Perikanan Laut Mina Sumatera, KUD Sri Mina Sari, KUD Mina Bahari, KUD Mina Mulya, KUD Bayita Mina, KUD Mina Sejati, KUD Mina Saluyu Mulya, KUD Mina Fajar Sidik, KUD Mina Tambak Jaya, KUD Mina Karya Bakti, KUD Mina Karya Bukti, KUD Mina Karya Bukti Sejati, KUD Mina Karya Baru, KUD Mina Laksana, KUD Misaya Guna, KPPL Samudera Mulya, KUD Mina Karya Makmur, KUD Mina Laksmana Karya, Koperasi Nelayan Fajar Samudra, KUD Mina Sinar Laut, KUD Mina Sari, KUD Mina Rasa, KUD Mina Pari, KSU Mina Bahari, Koperasi Nelayan Indonesia Purbasari, KUD Mina Karya, Koperasi Tani Nelayan Andalan, KUD Mina Bangkit, KSU Wijayakusumah, dan KUD Karya Mina.