ArunaaIndonesia, Jakarta – Ikan, salah satu menu wajib yang biasa dihidangkan dalam menu makanan sehari-hari. Mulai dari ikan bakar, goreng, masak pindang, ikan kuah kuning sampai yang direbus, semuanya merupakan cita rasa local Indonesia yang selalu diincar. Untuk mendapatkan kelezatan yang sempurna dari ikan yang kita masak, pastikan untuk mendapatkan ikan yang fresh.

Untuk mengetahui tanda-tanda ikan segar atau tidak, diharuskan untuk memperhatikan secara teliti dari segala sisi. Fresh atau tidaknya ikan bisa dilihat dengan kasat mata. Berikut adalah ciri-ciri ikan segar yang sehat untuk dikonsumsi,

Mata Ikan

Ikan yang segar dapat terlihat dari mata ikan. Mata ikan yang segar memiliki mata yang terang, bening, dan cembung. Jika dilihat secara kasat mata, bisa terlihat jelas dan mengkilap. Sangat terlihat perbedaannya dengan ikan yang tidak segar, biasanya ikan yang sudah tidak segar cenderung matanya buram dan terlihat pucat.

Insang Ikan

Jangan lupa untuk mengecek insang ikan, pastikan insang berwarna merah dan terasa kenyal jika disentuh. Karena insang yang segar memiliki warna merah tua, cerah atau terang, serta tidak berbau asing. Ciri-ciri insang yang tidak segar biasanya berbaca pucat atau gelap dan kotor, keabu-abuan, berlendir, serta berbau busuk.

Kulit & Lendir Ikan

Ada lagi cara termudah untuk kamu dalam mengecek kesegaran ikan, yaitu kulit ikan. Kulit ikan yang segar akan berwarna segar cemerlang dan tidak pudar. Selain itu, ikan yang segar juga memiliki daging yang elastis dan tidak mengalami perubahan ketika disentuh. Karena pada dasarnya ikan memiliki sisik yang kasar dan bercorak sesuai dengan masing-masing jenis ikan itu sendiri. Sisik ikan akan melekat kuat dan sisik utuh tertutup lendir atau belum banyak yang hilang. Lendir ikan juga berpengaruh dalam mengecek kesegaran ikan, lendir ikan segar akan terlihat cemerlang, transparan dan homogen. Jika lendir berwarna kekuningan dan atau berwarna putih susu maka bisa dikatakan itu tergolong kategori tidak segar.

Aroma & Sirip Ikan

Aroma ikan juga bisa menunjukkan kesegaran ikan yang dijual di pasar. Ikan yang segar akan memiliki aroma yang cenderung lebih amis. Sedangkan ikan yag tidak segar, memiliki aroma amis yang sedikit dan juga terasa asam. Kembali melihat pada fisik ikan, sirip yang kuat menandakan ikan tersebut masih dalam keadaan fresh (segar). Badan ikan yang terasa keras dan tidak terdapat luka-luka pada tubuhnya menjadi salah satu tanda ikan tersebut fresh.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan ikan fresh yang berkualitas. Dengan ikan yang berkualitas tinggi, akan membuat masakan olahan ikan terasa lebih nikmat. Ikan yang tidak fresh, akan membuat masakan terasa tidak terlalu nikmat dilidah karena rasanya yang berkurang akibat tidak fresh. Pastikan ikan menjadi salah satu menu wajib yang disajikan untuk keluarga, karena manfaat dari kandungan gizi yang ada pada ikan sangat penting untuk kesehatan dan baik bagi masa pertumbuhan anak. Ayo, gemar makan ikan karena makan ikan itu sehat.

Aruna Indonesia

Jalesveva Jayamahe

Di Laut Kita Jaya

Sumber 1

Sumber 2