ArunaIndonesia, Jakarta – Mungkin kalian semua sudah pada tahu kalau makan ikan itu sehat, tapi tahukah kamu kandungan gizi apa saja yang ada di dalam ikan ? Rasa dan manfaat yang terkandung pada setiap ikan memiliki perbedaan yang khas. Ikan laut memang terkenal dengan kandungan gizi yang tinggi dan terkadang  masyarakat hanya awam dengan Omega 3 saja. Padahal masih banyak kandungan gizi lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Manfaat baik dari ikan, tidak hanya baik bagi orang dewasa tapi juga sangat baik untuk anak kecil dalam masa tumbuh kembangnya karena berpengaruh pada perkembangan otak anak. Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu kandungan gizi yang terdapat pada ikan beserta penjelasannya, antara lain:

A.  Protein

  1. Kandungan protein ikan lebih tinggi daripada protein serelia yang terdapat pada kacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur.
  2. Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang system pencernaannnya belum sesempurna orang dewasa.
  3. Asam amino juga terkandung pada protein ikan dengan bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding dengan bahan makanan lain, salah satunya taurin, yang bertindak dalam menstimulus sel-sel otak pada bayi.

B.  Lemak

  1. Asam lemak yang ada pada ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Asam lemak tidak jenuh sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol.
  2. Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam seperti salmon, tuna, sarden dan makarel, mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3. Asam eikosapentaenot (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA), keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil.

C.  Vitamin

  1. Vitamin A : banyak terdapat pada minyak hati ikan bermanfaat mencegah kebutaan pada anak.
  2. Vitamin D : selain terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini sangat penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  3. Vitamin B6 : membantu metabolism asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  4. Vitamin B12 : bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolism lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf.

D.  Mineral

  1. Zat besi: jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serelia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya penyakit anemia.
  2. Yodium, dapat mencegah terjadinya penyakit gondok serta hambatan oertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya
  3. Selenium memiliki beberapa manfaat yang bagi tubuh, yaitu selenium dapat mencegah rusaknya DNA karena radiasi atau bahan dan zat kimia. Kedua, selenium juga menjadi sumber antioksidan bagi tubuh karena selenium dapat membantu tubuh memproduksi antioksidan.
  4. Seng mampu membantu pembentukan enzim dan hormone.
  5. Flour, menguatkan serta menyehatkan gigi si kecil.

Dengan mengetahui macam-macam kandungan gizi yang ada pada ikan, maka sudah sepatutnya kita meningkatkan konsumsi ikan. Terutama bagi para ibu dan ibu hamil untuk mengutamakan konsumsi ikan pada anak-anaknya.  Manfaat ikan ini juga dapat dirasakan orang dewasa untuk menjaga kesehatan karena kandungan gizi ikan dapat menurunkan resiko terhadap penyakit berat, seperti jantung, diabetes, dan stroke.

Sumber 1

Sumber 2