News

Maksimalkan Status Stok Perikanan Indonesia

 

 

#arunafish

Indonesia yang terdiri dari 70% lautan tentunya menyimpan berjuta kekayaan hasil laut yang luar biasa.

Ditahun 2017 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkirakan potensi perikanan di Indonesia mencapai 12,54 juta ton.

Dalam lima tahun terakhir produksi perikanan tangkap laut indonesia menunjukkan pertumbuhan yang positif. Pada tahun 2016 produksi perikanan mencapai 6,54 juta ton, dan meningkat di tahun 2017 sebesar 7,67 juta ton.

Namun kenyataan manis ini tidak serta merta juga membawa dampak yang manis pula. Kenyataannya sektor perikanan belum memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian. Hal ini terlihat dari kontribusinya yang hanya menyumbang sekitar 2 persen terhadap PDB Nasional. Selain itu terlihat perbandingan yang jauh diantara potensi stok perikanan dan produksi perikanan yang berhasil dicapai. Dengan kata lain Sumber daya laut di Indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal.
Rendahnya kontribusi sektor perikanan menjadi sinyal bahwa pengelolaan dan koordinasi antara perencanaan dan pembangunan di bidang kelautan dan perikanan masih lemah.

Dengan memanfaatkan teknologi yang terintegrasi, Aruna berusaha memberikan solusi yang tepat untuk pengelolaan perikanan Indonesia yang lebih baik. Salah satunya adalah SmartFisheries. SmartFisheries membantu anda dalam merekam data produksi perikanan dan mengetahui potensi produksi perikanan di daerah anda. Sehingga akan membantu anda dalam menentukan strategi dan kebijakan perikanan berkelanjutan untuk industri perikanan yang lebih baik.

Untuk info lebih lanjut tentang produk SmartFisheries bisa cek tautan berikut:
Aruna SmartFisheries

JALESVEVA JAYAMAHE
DI LAUT KITA JAYA!

#arunasustainable #sustainablefisheries #sustainable #indonesianfisheries #fisheries #fishery #smartfisheries #intregatedfisheriessystem #fisheriestechnology #startup #startupindonesia #ecommerce #fairtrade #transparencytrading #dilautkitajaya