Aruna, Jakarta – Hutan mangrove atau yang dikenal juga dengan hutan bakau merupakan lingkungan pepohonan yang berada di rawa air payau yang berlumpur pada daerah pantai. Hutan bakau ini dapat ditemui di daerah yang cukup panas di dunia, terutama di sekeliling khatulistiwa, di wilayah tropika dan sedikit di subtropika. Hutan mangrove ini jenis hutan yang meskipun tidak selebat dan sebesar hutan lindung, ternyata memiliki banyak fungsi untuk menjaga daratan dari pasang surut air laut.

Hutan mangrove memiliki peran dalam menyeimbangkan kualitas lingkungan dan menetralisir bahan-bahan pencemar. Menurut hasil penelitian Center for International Forestry Research (CIFOR) dan USDA Forest Service, hutan mangrove berfungsi sebagai penyerap karbon dibandingkan dengan sumber karbon. Penyimpanan karbon pada hutan mangrove lebih banyak dibanding hutan hujan tropis. Banyaknya manfaat hutan mangrove juga sangat penting untuk menjaga ekosistem pesisir. Tapi tahukah kamu bahwa hutan mangrove juga memiliki manfaat untuk hewan laut yang hidup di sekitar hutan mangrove?

Beberapa jenis hewan laut banyak menghuni hutan mangrove seperti ikan, ubur-ubur, udang, kepiting , siput, dan lain. Karena biasanya hewan laut menggunakan hutan mangrove sebagainya sebagai tempat perlindungan dari predator terutama bagi hewan laut yang sedang beranjak dewasa. Hewan laut juga memanfaatkan hutan mangrove untuk mendukung proses pemijahan dan juga menjadikan hutan mangrove sebagai nursery ground (tanah pembibitan) untuk membantu membesarkan anak-anak mereka. Proses pemijahan adalah proses pengeluaran sel telur oleh induk betina dan sperma oleh induk jantan yang kemudian diikuti dengan perkawinan.

Akar tongkat pohon mangrove adalah bagian pohon yang bertugas memberi zat makanan dan menjadi daerah nursery bagi hewan ikan dan invertebrate. Akar pohon mangrove juga akan melindungi telur ikan dan anak ikan yang baru menetas.

Banyaknya manfaat dari hutan mangrove menjadikan alasan untuk terus menjaga kelestariannya. Tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan hewan laut, tapi juga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia dan ekosistem pesisir. Dari sisi ekonomi, para nelayan dan pernduduk sekitar mangrove dapat memanfaatkannya sebagai kebutuhan konsumsi atau kebutuhan lainnya seperti perdagangan.

Baca juga, Sampah Laut, Ancaman Nyata Ekosistem Laut

Sumber

Leave a Reply