Salmon adalah salah satu ikan popular yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan dapat mengurangi resiko untuk terkena beberapa penyakit.

Salmon sering kita jumpai di berbagai jenis sajian makanan, seperti sushi, salad, dll. Manfaat ikan Salmon juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan badan. Selain itu juga Ikan ini rasanya enak, mudah dimasak dan mudah didapatkan. Untuk lebih jelasnya, mari kenali manfaat kebaikan Salmon bagi tubuh.

Berikut 10 manfaat ikan salmon bagi kesehatan kita :

  1. Kaya akan Asam lemak Omega-3

Salmon adalah salah satu dari penghasil terbaik Asam Lemak Omega-3 EPA & DHA. Dalam 100gr Salmon yang dibudidayakan terkandung 2.3gr Asam Lemak Omega-3, sedangkan dari 100gr Salmon liar terkandung 2.6gr Asam Lemak Omega-3. Tidak seperti lemak lain, Lemak Omega-3 dianggap “penting” karena tubuh kita tidak dapat memproduksinya. Meskipun tidak ada rekomendasi asupan harian dari asam lemak Omega-3, beberapa organisasi kesehatan merekomendasikan bagi orang dewasa yang sehat perlu mendapatkan asupan minimalnya 250 – 500mg EPA dan DHA setiap harinya.

Hingga kini, EPA dan DHA telah dipercaya akan manfaatnya bagi kesehatan, seperti mengurangi inflamasi, menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko kanker & meningkatkan fungsi sel dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 2 porsi Salmon setiap minggu akan membantu memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 Kamu.

  1. Sumber Protein

Salmon kaya akan protein yang berkualitas tinggi. Seperti lemak omega-3, protein adalah nutrisi penting yang wajib didapatkan dari makanan Kamu. Protein memiliki peran penting dalam tubuh, termasuk seperti membantu penyembuhan tubuh, melindungi kesehatan tulang, mempertahankan massa otot saat diet dan pada saat proses penuaan. Sebuah penelitian terkini mengungkapkan bahwa untuk kesehatan yang optimal, perlu setidaknya 20-30 gram protein berkualitas tinggi. Setiap 3,5 ons salmon terkandung 22-25 gram protein.

  1. Kaya akan Vitamin B

Salmon adalah sumber Vitamin B yang baik. Dibawah ini adalah kandungan Vitamin B yang terdapat didalam 3.5ons (100gr) Salmon:

    • Vitamin B1 (thiamin): 18% dari Asupan Harian yang Direkomendasikan;
    • Vitamin B2 (riboflavin): 29% dari Asupan Harian yang Direkomendasikan;
    • Vitamin B3 (niacin): 50% dari AHD;
    • Vitamin B5 (pantothenic acid): 19% dari Asupan Harian yang Direkomendasikan;
    • Vitamin B6: 47% dari Asupan Harian yang Direkomendasikan;
    • Vitamin B9 (folic acid): 7% dari AHD;
    • Vitamin B12: 51% dari Asupan Harian yang Direkomendasikan.

Berbagai jenis vitamin diatas terlibat dalam beberapa proses penting di dalam tubuh, termasuk dalam mengubah makanan yang kita makan menjadi energi, membuat dan memperbaiki DNA serta mengurangi inflamasi yang menyebabkan penyakit jantung. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa seluruh vitamin B bekerja bersama untuk menjaga fungsi optimal dari otak dan system saraf kita. Sayangnya, bahkan orang di negara berkembang mungkin kekurangan dari salah satu atau lebih vitamin ini.

  1. Sumber Potassium

Salmon tinggi akan potassium. Khususnya pada salmon liar, yang dimana per 100gr Salmon memberikan 18% dari asupan harian yang direkomendasikan, sedangkan salmon yang dibudidayakan memberikan 11%. Faktanya,  Salmon memiliki lebih banyak potassium dibandingkan pisang, yang dimana pisang hanya memberikan 10% dari asupan harian yang direkomendasikan. Potassium membantu kamu untuk mengontrol tekanan darah & membantu mengurangi resiko stroke.

  1. Mengandung Selenium

Selenium adalah mineral yang dapat ditemukan hanya pada beberapa jenis makanan. Tubuh kita tidak terlalu butuh asupan selenium dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi mendapati asupan yang cukup akan selenium itu cukup penting. Dalam hasil sebuah studi didapatkan bahwa selenium membantu melindungi kesehatan tulang, mengurangi antibody tiroid didalam tubuh bagi penderita penyakit autoimmune tiroid dan mengurangi resiko kanker. Dari 3,5ons salmon kamu bisa mendapatkan 59 – 67% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk selenium.

  1. Mengandung antioxidant Astaxanthin

Sebagai anggota dari antioxidants carotenoid, astaxanthin memberikan warna merah pada salmon. Astaxanthin menurunkan resiko dari penyakit jantung dengan cara mengurangi oxidase dari kolestrol LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan HDL (kolestrol baik). Menurut sebuah studi didapatkan bahwa mengkonsumsi 3.6mg dari astaxanthin perhari, cukup untuk mengurangi oxidase dari kolestrol LDL, yang dimana memiliki potensi mengurangi resiko penyakit jantung. Sebagai tambahan, astaxanthin diyakini bekerja dengan omega-3 salmon dalam melindungi otak dan system saraf dari inflamasi. Yang lebih menarik, astaxanthin dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan membantu membuat Kamu tampak lebih muda.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Konsumsi salmon secara rutin akan membantu melindungi dari penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kemampuan salmon dalam meningkatkan omega-3 didalam darah. Banyak orang yang memiliki kadar omega-6 yang terlalu banyak dalam darahnya akan tetapi tidak seimbang dengan kadar omega-3 yang dimilikinya. Berdasarkan riset, ketika kedua hal ini tidak seimbang maka menyebabkan meningkatnya resiko penyakit jantung.

  1. Membantu dalam penurunan berat badan

Jika pernah mendengar Ikan dapat menurunkan berat badan, jawabanya adalah benar. Seperti makanan tinggi protein lainnya, Salmon menjaga hormon untuk mengatur nafsu makan dan membuat Kamu merasa kenyang. Dibandingkan dengan makanan lain, makanan protein tinggi seperti Salmon dapat meningkatkan metabolisme tubuhmu.

Menurut riset, kandungan lemak omega-3 pada salmon membantu meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi lemak pada bagian perut bagi individu yang kelebihan berat badan. Sebagai makanan pelengkap, salmon cukup rendah kalori. Dalam penyajian 100gr dari salmon yang dibudidayakan hanya terdapat 206 kalori dan untuk salmon liar memiliki kalori yang lebih rendah yaitu 182 kalori.

  1. Membantu melawan Inflamasi

Dikenal sebagai senjata paling ampuh dalam melawan inflamasi, berdasarkan penelitian para ahli meyakini manfaat ikan salmon dapat menghindari penyebab penyakit kronis, termasuk sakit jantung, diabetes dan kanker. Dari beberapa hasil studi ditemukan bahwa dengan banyak mengkonsumsi salmon membantu mengurangi kadar inflamasi pada orang yang memiliki resiko penyakit ini dan pada penyakit lainnya.

  1. Melindungi kesehatan Otak

Pada banyak studi menganjurkan, menambahkan salmon pada asupan harian Kamu dapat meningkatkan fungsi otak. Baik dari minyak ikan maupun ikan membantu mengurangi symptom depresi, melindungi kesehatan otak pada saat hamil, mengurangi kecemasan, pikun dan mengurangi resiko demensia.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa manfaat ikan salmon untuk sumber nutrisi yang luar biasa bagi kesehatan kita. Mengkonsumsinya dua porsi normal dalam seminggu akan membantu Kamu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Kamu dan mengurangi resiko dari beberapa penyakit. Selain itu, Salmon memiliki rasa yang enak dan mudah untuk dimasak. Menjadikannya sebagai asupan harian Kamu akan membantu meningkatkan kualitas kesehatan Kamu.

Yuk makan Ikan, karena Makan Ikan Itu Sehat.

Baca juga, Manfaat Ikan makan Ikan itu Sehat

Leave a Reply