Jika kamu sering mendengar Aruna, pasti kamu juga sudah tidak awam lagi dengan kata LH (Local Heroes). Local Heroes terkesan pekerjaan yang membutuhkan tenaga laki-laki karena proses pekerjaannya yang terbilang cukup teknis. Namun, tidak dengan Ori yaitu Local Heroes wanita pertama di Aruna. 

 

Local Heroes diartikan sebagai Pahlawan Lokal, yaitu anak daerah yang berperan untuk memberikan perubahan di desa-desa pesisir dengan menjalankan misi bersama Aruna, yaitu meningkatkan kesejahteraan nelayan. Sehari-hari bekerja di miniplant dan berkomunikasi dengan para nelayan setempat, itulah alasannya pencarian tenaga LH  diutamakan adalah laki-laki. Berbeda dengan miniplant Aruna yang berada di Tanah Grogot, Kalimantan Timur ini, seorang wanita berusia muda ternyata mendapat kesempatan bergabung menjadi LH di daerah ini. 

Siapakah Sosok Wanita Dibalik LH Wanita Pertama Di Aruna?

Ori Andriani Saputri, wanita muda berusia 19 tahun & biasa dipanggil Ori ini merupakan anak daerah setempat. Di usianya yang terhitung muda ini, Ori mampu bekerja dan mengaplikasikan ilmunya ke dunia kerja. Berawal dari pencarian kerja yang tampil di laman Facebook, Ori yang merupakan tamatan SMK ini memutuskan untuk melamar pekerjaan pada bagian Administratif di Aruna. Berkat pengalaman dan skill semasa sekolah, Ori dipercayakan menjadi Admin di Miniplant Aruna Wilayah Tanah Grogot. Bekerja bersama dengan Fuad & Pak Angga, Ori menjalankan tanggung jawabnya sebagai admin MP dan merupakan pengalaman pertama Ori bergabung dengan Aruna.

Mengapa Ori tertarik bergabung dengan Aruna?

Walaupun tidak memiliki memiliki pengalaman atau latar belakang pendidikan di bidang perikanan, tapi tidak mengalahkan keinginan Ori bergabung dengan Aruna. Melalui wawancara singkat via telepon, Ori menyampaikan,”Ya, Saya tertarik karena Aruna melayani & berkontribusi langsung ke masyarakat”. Misi Aruna ternyata mencuri perhatian Ori sejak awal, kesempatan untuk bergabung sebagai Nakama Aruna menjadikan semangat bagi Ori untuk terus belajar tentang dunia teknologi perikanan yang dijalankan oleh Aruna. 

Apakah bergabung di Aruna mendapat ijin dari keluarga?

“Awalnya Ibu agak ragu, tapi Ori yakinkan ke Ibu kalau Ori niatnya cari kerja. Akhirnya Ibu ijinin”, ungkap Ori saat ditanyakan mengenai dukungan dari keluarganya. Rumah orang tua Ori terletak tidak terlalu jauh dari tempatnya bekerja, hanya beda kecamatan. Ori harus menggunakan kapal kecil dengan menempuh waktu 15 menit & jika melalui darat membutuhkan waktu hingga 30 menit. 

Gimana perasaannya ketika ditawarkan menjadi Local Heroes (LH)? Apa bedanya dengan pekerjaan sebelumnya?

“Yah saya ragu kak, loh kok saya? Tapi dijelasin lagi sama Bang Fuad tentang kondisinya. Ya, bangga kak tapi agak takut karena beban & tanggung jawabnya lebih besar”, jawab Ori. Berawal karena kesulitan dalam mencari Local Heroes (LH) di desa lainnya, akhirnya Fuad (LH Tn. Grogot) & Pak Angga (MA) menawarkan kepada Ori karena melihat kemampuan Ori dianggap dapat menjadi LH di Tn. Grogot menggantikan posisi Fuad yang perlu mengisi di desa lainnya.  Untuk Jadwal kerja tetap berjalan seperti biasa yaitu dari jam 9 hingga jam 5 sore. Tantangan baru bagi Ori, perlu belajar banyak mulai dari membangun komunikasi dengan para nelayan, menimbang hasil tangkapan, melakukan perebusan, mendinginkan, melakukan packaging, lalu melakukan pengiriman ke Miniplant pusat.

Berbeda dengan kegiatan yang dilakukan Ori dahulu ketika menjadi Admin, yaitu setiap harinya standby di gudang dan melakukan rekap data transakti miniplant. Membangun hubungan & komunikasi dengan nelayan setempat menjadi suatu tantangan yang harus dihadapi oleh Ori. Ditahap ini pada awalnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa berkumpul & mendekatkan diri dengan para nelayan untuk sekedar saling bertukar cerita agar tidak terkesan canggung. Kegiatan Packing yang biasanya dilakukan oleh laki-laki, namun dapat dilalui oleh Ori karena para nelayan setempat juga bersifat kooperatif & saling membantu. Ori juga dibantu oleh helper yang bertugas untuk membantu pekerjaan LH di Miniplant. 

Selain bekerja di Miniplant, ada lagi kesibukan lainnya? Dan apa mimpi dari seorang Ori?

Ori sembari bekerja, dia juga melanjutkan pendidikannya dengan mengikuti kuliah online. Karena dilaksanakan seusai bekerja, Ori tidak kesulitan membagi waktu untuk kegiatan keduanya. Ketika ditanya mengenai mimpi Ori menjawab, “Ori ingin bermanfaat untuk orang lain haha. Karena menurut Ori, hidup itu cuma sebentar. Jadi jangan disia-siakan”. Impian sederhana dari sosok Ori yang ternyata sangat menyentuh hati. 

Sebagai Local Heroes (LH) Wanita Pertama, Ori mendapat berbagai pengalaman menarik selama bergabung di Aruna. Pengalaman dan tantangan baru menjadi langkah nyata dari sosok seorang wanita muda asal Tanah Grogot ini. Walau hanya impian yang sederhana, namun semangat itulah yang membawa Ori berjalan bersama dengan Aruna untuk memberikan perubahan besar bagi kehidupan nelayan untuk menuju hidup yang sejahtera.

Leave a Reply