Tahun 2020 menjadi tahun dengan berbagai kejutan tak terduga di setiap harinya. Perubahan di tahun ini memiliki pengaruh besar pada tren gaya hidup sehat, terutama makanan dan kesehatan. Lalu apa yang akan mendorong konsumen di tahun mendatang? Metode dan hal baru apa yang siap merajai dunia digital dunia?

Aruna ingin membahas lebih mendalam 3 tren gaya hidup sehat ala millenial yang sedang hangat saat ini. Tren yang kini menjadi topik serta wajib untuk diikuti jika tak ingin tertinggal jauh. Tren gaya hidup sehat ini berdasarkan kebiasaan yang dilakukan oleh kaum millenial beberapa bulan terakhir ini. Kondisi pandemi menjadi salah satu faktor utama agar kita semakin menjaga kesehatan tubuh untuk melawan penyakit-penyakit yang sedang berkembang saat ini.

Tren gaya hidup sehat ala millenial Tahun 2020:

1.   Makanan Sehat & Bergizi

gaya hidup sehat - ikan kembung

Kita tahu bahwa apa yang kita makan akan berdampak pada kesehatan fisik kita. Terutama sangat penting menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi saat ini. Makanan bukan hanya sekedar selera, perlu diperhatikan juga gizi yang terkandung didalamnya. Manfaat mengonsumsi makanan sehat & bergizi beragam, diantaranya adalah menjaga keseimbangan metabolisme, menjaga kesehatan fungsi organ, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, daya ingat otak, dan lainnya.

Ragam makanan sehat & bergizi dapat dengan mudah kamu temukan di pasar tradisional, supermarket, hingga marketplace digital. Makanan tersebut terdiri dari sayur-sayuran hijau, buah-buahan, Ikan & seafood lainnya, daging, kacang-kacangan, dan masih banyak lainnya. Dan jika mengulik lebih dalam lagi adanya hubungan erat antara usus dan otak, seperti kesehatan mental, konsentrasi, dan memori. Hal ini dipengaruhi dengan produksi dan pemanfaatan neurotransmitter seperti asam lemak omega-3 dan vitamin B tertentu.

 

Baca Juga: Tips Memilih Ikan Yang Fresh Dan Sehat Untuk Dikonsumsi

 

2.  Olahraga Sepeda

gaya hidup sehat - sepeda

Jika beberapa tahun lalu, kita sempat dihebohkan dengan sepeda-sepeda unik di jalan raya. Kini pemandangan yang sama hadir kembali menjadi aktivitas seru dan cukup viral bagi sebagian orang. Viralnya penyakit pandemi Covid-19 selama 3 bulan terakhir mengharuskan semua orang melakukan karantina mandiri di rumah. Awal Juli lalu, Pemerintah mengumumkan Indonesia memasuki kondisi status New Normal. Situasi mewajibkan masyarakat Indonesia menggunakan seluruh protokol dan menjalankan hidup sehat.

Olahraga sepeda menjadi salah satu pilihan olahraga yang banyak disukai. Gerakannya yang tidak terlalu menguras tenaga dan dapat melepaskan stress sambil berkeliling komplek atau kota. Hal ini menjadikan sepeda adalah pilihan terbaik dari kaum millenial untuk menghabiskan waktunya sembari berolahraga. Apakah kamu termasuk gemar bersepeda?

 

3.    Kegiatan Positif Untuk Kesehatan Pikiran & Jiwa

Isu yang ramai dibicarakan adalah kesehatan mental (Mental Health). Mulai dari kalangan selebriti hingga non-celebrity mulai menggalakan kampanye kesehatan mental. Self-love merupakan cara terbaik, menerima dan mencintai kelebihan maupun kekurangan diri sendiri. Rasa tidak percaya diri, tekanan dari publik, atau pengalaman buruk menjadi korban Bullying, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan stress dan perlu dihindari. Jika dibiarkan berlarut-larut maka akan sangat mempengaruhi mental dan pikiran yang berujung pada gangguan kesehatan.

Kegiatan positif dalam rangka gaya hidup sehat yang sering dilakukan oleh generasi millenial antara lain meditasi, membaca buku, perawatan tubuh dan sebagainya. Kegiatan tersebut diyakini dapat menenangkan pikiran serta tubuh. Hidup tidak hanya berbicara tentang makanan, tapi juga pola hidup sehat penting untuk diperhatikan.

 

Leave a Reply