Mengkonsumsi ikan seperti salmon, tuna dan tenggiri memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Contohnya seperti manfaat ikan tenggiri yang tinggi akan omega 3 dan vitamin B12 dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

Bagi orang yang memiliki kondisi medis tertentu, ibu hamil dan menyusui diutamakan untuk mengkonsumsi ikan yang rendah merkuri. Biasanya, ikan yang mengandung merkuri lebih tinggi memiliki ukuran lebih besar. Ini terjadi karena waktu akumulasi substansi metal beracun dalam tubuh ikan cenderung lebih lama.

Untuk mendapatkan manfaat dari ikan lebih maksimal, sebaiknya konsumsi ikan 3 kali dalam sepekan dengan jenis bervariasi.

Ideal dalam konsumsi Ikan

Untuk konsumsi gizi seimbang, idealnya seseorang mengonsumsi ikan 2-3 kali dalam sepekan. Kandungan asam lemak dalam ikan dapat mencegah berbagai penyakit. Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein rendah lemak, cocok bagi yang sedang berupaya mencapai berat badan ideal.

Berikut 5 manfaat ikan tenggiri

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat 

Kolesterol menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang untuk mengonsumsi berbagai jenis daging. Meski begitu, kolesterol tidak selalu menyeramkan selama kadar yang terkandung masih dalam tahap yang wajar dan normal. Jika kamu takut kadar kolesterol jahat akan naik, maka hindari mengonsumsi jeroan dan beralih kepada ikan tenggiri. Ikan yang berasal dari perairan asin ini memang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

 

  1. Berdampak pada kecerdasan

Banyak sekali yang menyarankan ibu hamil maupun anak-anak untuk mengonsumsi ikan secara rutin agar mampu meningkatkan kualitas kognitif. Hal tersebut memang benar adanya, termasuk melalui konsumsi ikan tenggiri yang memiliki kandungan omega-3 sehat yang bermanfaat bagi kecerdasan kognitif pada anak.

 

Baca juga, manfaat ikan salmon  

 

  1. Memberikan kesehatan pada mata

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata sebagai indra paling krusial dalam kehidupan kita. Jika kamu ingin memiliki mata yang sehat, maka perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A seperti halnya ikan tenggiri. Selain itu, mengonsumsi ikan tenggiri juga dapat dibarengi dengan konsumsi beberapa makanan dan sayuran yang mengandung vitamin A.

 

  1. Ampuh untuk hilangkan ketombe 

Selain bermanfaat bagi kesehatan dari dalam tubuh, ternyata ikan tenggiri juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Manfaat yang didapatkan adalah ampuh dalam menghilangkan ketombe. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghaluskan daging ikan tenggiri terlebih dahulu, kemudian mencampurkannya dengan lidah buaya halus dan aduk hingga bercampur menjadi satu. Setelah dirasa cukup, gunakan campuran tersebut pada rambut dan tunggu selama 30 menit, lalu bersihkan.

 

  1. Kaya vitamin 

Ikan memang merupakan salah satu jenis dan sumber makanan yang memiliki segudang manfaat bagi yang mengonsumsinya. Pada ikan tenggiri, terdapat beberapa vitamin baik seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1 yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Nah, lima manfaat dari mengonsumsi ikan tenggiri di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin membeli atau mencoba ikan jenis ini. Yuk konsumsi Ikan Tenggiri karena #makanikanitusehat

 

Leave a Reply