Tepat di bulan Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Perayaan kemerdekaan selalu erat dengan kegiatan upacara dan perlombaan. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan kegembiraan mengingat kemenangan para pejuang di masa lampau.

Dalam momen ini, Aruna turut merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-75 bersama para nelayan dan warga di beberapa desa pesisir Indonesia. Aruna berinisiatif mengadakan acara spesial “Mini Festival 17 Agustus” dalam rangka memeriahkan perayaan kemerdekaan antara Aruna & nelayan serta warga pesisir. Kegiatan ini dikolaborasikan dengan program kegiatan rutin Aruna yang diadakan setiap bulannya yaitu Sarasehan Aruna.

Setiap bulannya, Aruna rutin mengadakan acara bagi para nelayan dan warga pesisir dengan nama “Sarasehan Aruna”. Hal ini dimaksudkan untuk membangun komunikasi, kepercayaan, serta memberikan edukasi penting yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga nelayan. Aruna juga membagikan beberapa bingkisan bagi para nelayan yang telah memberikan kontribusi hasil tangkapnya melalui program Gahar (Gelombang Hadiah Aruna).

Di acara Sarasehan dengan tema “Mini Festival 17 Agustus”, setiap daerahnya memiliki cara yang berbeda dalam memeriahkan acara tersebut. Salah satunya di daerah Papua Barat, para warga pesisir memeriahkan dengan mengadakan pertandingan olahraga yaitu Sepak bola dan voli. Sama halnya dengan daerah Sulawesi Selatan, Aruna & nelayan serta warga setempat juga menyambut gembira adanya pertandingan bola yang diadakan di desanya. Dan di daerah Kalimantan Timur merayakannya dengan berbagai macam perlombaan seperti lomba balap karung, lomba balap kelereng, hingga pertandingan olahraga.

Malam puncak acara Sarasehan menjadi momen kebersamaan dan kegembiraan bagi warga. Acara ditutup dengan nonton bareng (nobar) melibatkan seluruh warga sekitar serta pembagian hadiah bagi para pemenang lomba. Kebersamaan dan sukacita dirasakan seluruh warga desa pesisir bersama dengan tim Aruna. Melalui kegiatan ini, warga desa pesisir juga dapat merasakan keceriaan dan kebanggaan akan kesuksesan para pejuang dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

Merdeka! Merdeka!
Indonesia Jaya

Leave a Reply