Jika sering mendengar tentang Aruna, pastinya kamu sudah tidak awam lagi dengan yang namanya Local Heroes Aruna. Ya, orang-orang terpilih yang bertugas secara langsung di lapangan dan berkomunikasi dengan para nelayan lokal di berbagai desa pesisir. Penasaran dengan kegiatan para Local Heroes di Lapangan, scroll sekarang juga.

Pekerjaan Local Heroes merupakan peran terpenting di Aruna. Mengapa? Karena tugas mereka termasuk multitalenta loh. Local Heroes bertanggung jawab di setiap miniplan Aruna seperti menjaga hubungan dan komunikasi dengan para nelayan, menerima hasil tangkapan nelayan, dan membantu penginputan data ke aplikasi Aruna. Local Heroes (LH) juga bertanggung jawab atas mutu kualitas dari hasil tangkapan nelayan. Seluruh proses di miniplan dipastikan sesuai dengan SOP, seperti penimbangan, processing ikan, packing ikan, hingga proses pengiriman ke pembeli.

Seru kan? Ya, setiap local heroes di daerah memiliki pengalaman berbeda loh. Lalu apa saja sih yang harus dimiliki oleh calon Local Heroes yang ingin bergabung? Yuk kita bahas satu-satu.

Ini dia yang kamu siapkan untuk jadi Local Heroes:

1. Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang Baik

Membangun hubungan yang baik diperlukan kemampuan dalam berkomunikasi. Terutama dengan nelayan dan warga pesisir sekitar. Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar akan membangun hubungan yang lebih dalam. Local Heroes dan para nelayan terkadang menghabiskan waktunya dengan diskusi hingga bersenda gurau bersama. Kegiatan ini menjadi hiburan tersendiri bagi mereka selagi melepas lelah dan menjadi kesempatan untuk menjalin keakraban antar satu sama lain.

2. Minat Belajar Yang Tinggi 

Local heroes memiliki kesempatan untuk banyak belajar secara langsung selama di lapangan. Pengalaman unik dan beragam dengan bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang budaya yang berbeda. Kamu juga berkesempatan mengeksplor banyak hal mulai dari ilmu perikanan, segi teknologi, serta belajar dari orang-orang yang ditemui selama di lapangan.

Baca Juga: “Aruna & Nelayan Rayakan Kemerdekaan Melalui “Mini Festival 17 Agustus”

 

3. Berjiwa muda dan petualang.

Jika berbicara umur, tidak perlu khawatir. Selama kamu memiliki semangat muda dan berjiwa petualang, kamu dapat bergabung dengan Aruna. Kamu dapat mengeksplor banyak tempat baru beserta sumber daya laut yang dapat dimanfaatkan untuk perubahan bagi desa pesisir sekitar. Dan kamu juga dapat mengembangkan strategi atau ide inovasi bagi masyarakat pesisir yang mampu kamu wujudkan bersama Aruna. Mau coba? Yuk bergabung sekarang juga.

4. Gigih dan berjiwa kewirausahaan

Menjadi seorang local heroes diperlukan sikap gigih atau dimaksud dengan teguh pada pendirian nih, Aruna Friends. Dan juga mempunyai jiwa kewirausahaan agar dapat mengambil keputusan dan memutuskan secara cepat serta tepat untuk menggapai mimpi-mimpi bersama tanpa takut merasa gagal.

Nah, itu dia beberapa poin yang perlu diperhatikan buat kamu yang ingin bergabung menjadi bagian dari Nakama Aruna. Kesempatan besar untuk kamu yang ingin mengeksplor banyak hal dan memberikan inovasi perubahan di sektor perikanan dan kelautan. Aruna membuka peluang bagi kamu yang tertarik dengan dunia perikanan. Saatnya bergabung dengan Aruna dan saatnya mengarungi lautan bersama dan wujudkan perubahan bagi kemajuan maritim Indonesia.
Jalesveva Jayamahe, Di laut kita jaya.

Aruna
#seaforall
#lautuntuksemua

Leave a Reply