Keunggulan Ikan Tuna asal Indonesia memiliki potensi sangat besar hingga merajai pasar tuna Internasional. Spesies tuna yang paling umum dikenal adalah cakalang, atau tuna “ringan” dan albacore, yang dikenal sebagai tuna “putih”. Selain tekstur dan rasa dagingnya, tuna juga sangat bergizi.

Faktanya, tuna merupakan komoditas spesial yang siklus hidupnya bermigrasi atau tidak menetap di wilayah tertentu. Letak Indonesia yang sangat strategis di antara dua samudra (Hindia dan Australia) menjadikannya lokasi migrasi yang cocok bagi tuna. Salah satu daerah pemasok tuna di Indonesia adalah Maluku Utara. Tuna dari Maluku Utara sebagian besar telah diekspor ke berbagai negara salah satunya Amerika Serikat, Vietnam, Korea Selatan, dan Jepang.

Data resmi FAO PBB melalui SOFIA pada tahun 2016 terdapat 7,7 juta metrik ton tuna dan spesies seperti tuna ditangkap di seluruh dunia. Di tahun yang sama Indonesia berhasil memasok lebih dari 16% total produksi dunia dengan rata-rata produksi tuna, cakalang dan tongkol Indonesia mencapai lebih dari 1,2 juta ton/tahun. Sedangkan volume ekspor tuna Indonesia mencapai 198.131 ton dengan nilai 659,99 juta USD pada tahun 2017. Nilai ekonomi dari perdagangan produk perikanan tuna Indonesia sangat besar dan menjadi peluang yang dapat terus dimanfaatkan. Namun tetap harus mengedepankan aspek keberlanjutan agar perikanan tuna tetap lestari.

Kandungan Nutrisi Pada Tuna

Tuna adalah salah satu sumber makanan terbaik vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk kesehatan tulang, memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit, dan memastikan pertumbuhan yang optimal pada anak. Tuna juga merupakan sumber vitamin dan mineral lainnya, seperti: Zat Besi, Vitamin B6, Vitamin B12, Kalium, Selenium, Yodium. Dalam satu tuna putih seberat 4 ons mengandung Kalori: 145, Protein: 26,77 gram, Lemak: 3,37 gram, Karbohidrat: 0 gram, Serat: 0 gram, Gula: 0 gram.

Manfaat Tuna Bagi Tubuh

Keunggulan ikan tuna salah satunya adalah sumber vitamin B12 yang sangat baik, vitamin esensial yang dibutuhkan untuk membuat DNA. Vitamin B12 juga membantu Anda membentuk sel darah merah baru dan mencegah perkembangan anemia. Manfaat kesehatan dari makan tuna juga meliputi:

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kadar asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan tuna dapat membantu mengurangi kadar asam lemak omega-6 dan kolesterol LDL yang dapat menumpuk di dalam arteri jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak omega-3 bisa mengurangi  tingkat penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung.

2. Mencegah Masalah Penglihatan

Omega-3 dalam tuna juga memiliki efek positif pada kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian terhadap 40.000 profesional kesehatan wanita, wanita yang makan banyak porsi tuna per minggu memiliki risiko 68% lebih rendah terkena mata kering. Omega-3 juga dianggap berkontribusi pada kesehatan retina secara keseluruhan.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Asam lemak omega-3 tuna juga dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini penting karena banyak jenis kanker berkorelasi dengan peradangan kronis.

4. Mendukung Penurunan Berat Badan

Ikan tuna mempunyai daging tanpa lemak yang relatif tinggi protein, tetapi rendah kalori, yang berarti membuat Anda kenyang lebih lama dan menghentikan Anda makan lebih banyak. Dalam sebuah penelitian, remaja yang secara teratur makan ikan tanpa lemak seperti tuna selama beberapa minggu kehilangan berat badan rata-rata 1 kg lebih banyak daripada kelompok remaja yang tidak makan ikan.

 

FYI, Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 diprediksi bisa menangkal virus Covid-19. Hal ini dikarenakan asam lemak omega-3 merupakan salah satu asam lemak yang diketahui dapat menekan inflamasi dan menjaga sistem imun tetap terjaga. Walau belum diketahui apakah omega-3 bisa membantu melawan infeksi saluran pernafasan seperti Covid-19, penelitian mengungkapkan bahwa omega-3 bisa membantu melindungi tubuh dari gangguan imun seperti penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan diantaranya crohn’s, ulcerative colitis, dan rheumatoid arthritis.

Ukuran Porsi Mengkonsumsi Tuna

Adanya potensi kandungan merkuri pada tuna, disarankan untuk wanita hamil dan anak kecil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi ikan tuna. Produk tuna kalengan mengandung lebih sedikit merkuri daripada tuna segar karena ikan tuna yang ukurannya lebih kecil banyak digunakan untuk produk pengalengan.

Menu Olahan Tuna

Anda dapat menemukan tuna segar, kalengan, atau steak tuna di toko bahan makanan di seluruh negeri.  Steak tuna yang dibeli di toko bahan makanan dapat digoreng, dipanggang, atau ditumis dengan olesan bumbu pilihan Anda. Dan nikmatnya lagi keunggulan dari Ikan Tuna adalah memiliki sedikit duri & tulang.

Sekarang belanja steak tuna dengan kualitas terbaik bisa didapatkan dengan mudah di Seafood by Aruna. Seafood yang kamu dapatkan berasal dari nelayan lokal Indonesia. Pesannya gampang dan langsung diterima di rumahmu. Cek sekarang juga Seafood by Aruna di Tokopedia & Shopee.

Baca Juga: Fakta Lobster Jadi Primadona Seafood Incaran Pasar Ekspor

Leave a Reply