Sumpah Pemuda merupakan momen sejarah yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober. Aruna bersama dengan masyarakat pesisir di seluruh Indonesia merayakan hari Sumpah Pemuda dengan kegiatan yang dikolaborasikan dengan program rutin Aruna yaitu Sarasehan. Aruna percaya dengan adanya kegiatan ini dapat memperkuat rasa kekeluargaan antara keluarga nelayan dan Aruna.

Tujuan utama kegiatan Sarasehan adalah untuk mempererat rasa persatuan dan kekeluargaan sesama nelayan. Sarasehan juga memberikan nilai patriotisme, cinta tanah air, kerukunan kepada pemuda dan nelayan serta mengedukasi nelayan dan keluarga tentang protokol Covid-19. Kegiatan juga semakin lengkap dengan adanya program rutin bulanan yaitu Program Gahar (Gelombang Hadiah Aruna). Kegiatan Gahar dilakukan dengan membagikan beberapa bingkisan bagi para nelayan yang telah memberikan kontribusi melalui hasil tangkapannya.

Pada acara Sarasehan kali ini mengusung tema “Sumpah Pemuda : Pemuda Indonesia Bersatu, Nelayan Indonesia Semakin Jaya”. Local Heroes (LH) di seluruh rumah nelayan Aruna memulai kegiatan dengan pembacaan isi teks sumpah pemuda bersama-sama dengan para nelayan. Kemudian acara dilanjutkan dengan mengadakan edukasi tentang pelaksanaan protokol Covid-19, seperti himbauan memakai masker, menghindari tempat ramai, dan penerapan pola hidup bersih. Sesi selanjutnya adalah menonton rekaman video dari anak/istri/nelayan tentang perasaan mereka mengenai profesi sebagai nelayan dan tanggapan mereka terhadap Aruna. Melalui tayangan video tersebut, menunjukkan perasaan syukur dan bahagia menjadi anak & istri dari seorang nelayan. Di akhir acara Local Heroes (LH) Aruna juga membagikan kaos dan hadiah pemenang program Gahar. 

Kebersamaan dan sukacita dirasakan seluruh warga desa pesisir bersama dengan tim Aruna. Melalui kegiatan ini, warga desa pesisir juga dapat merasakan kembali perjuangan bangsa Indonesia. Dan dengan adanya program rutin dari Aruna diharapkan dapat meningkatkan rasa kekeluargaan antara Aruna dan keluarga nelayan serta lebih paham akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. 

Indonesia Jaya ! Merdeka ! 

Baca Juga: Local Heroes Aruna, Wajib Miliki 4 Syarat Ini

Leave a Reply