Stiefanie - Strategic Manager Aruna

Mengawali karirnya sebagai Head of Strategic Project Management Officer (SPMO), wanita yang dikenal dengan nama Stiefanie ini resmi menjadi Nakama Aruna di pertengahan tahun 2019.

Menjadi salah satu tim strategi memang tidaklah mudah, perlu memahami seluk beluk ekosistem bisnis menjadi makanan sehari-hari. Mengingat di awal perjalanannya, Stiefanie berkeliling ke daerah pesisir untuk melakukan scaling up dalam memahami Visi Misi Aruna. Tepat saat Stiefanie bergabung, jumlah Rumah Nelayan Aruna masih terhitung kurang dari 10 dan kini terus berkembang dan berjumlah sekitar 31 Rumah Nelayan Aruna di beberapa daerah.

Jika istilah SPMO masih terasa asing ditelinga kamu, berikut wawancara singkat bersama Stiefanie yang sudah berpengalaman di bidangnya. Kita akan mengungkap keahlian serta cerita unik dari sosok wanita yang selalu terlihat tegas dalam kesehariannya.

Jarang mendengar istilah Strategic Project Manager (SPMo), apa saja sih pekerjaannya?

SPMO bekerja secara berdampingan dengan CEO (Chief Executive Officer). Hal ini dikarenakan CEO terkadang membuat ide perencanaan sesuatu yang baru atau mempunyai visi jangka pendek ataupun jangka panjang. Sehingga SPMO membantu untuk menurunkan visi dan misi tersebut. Di divisi ini, kami membantu seluruh project yang sifatnya strategis yang biasanya dikaitkan atau dijalankan ke divisi yang sudah ada. Jika project sudah terbentuk dan sudah jalan biasanya akan dijadikan SOP untuk divisi-divisi terkait untuk dijalankan atau menjadi suatu divisi baru yang akan menjalankan project itu sebagai pekerjaannya. Bisa dibilang kami sebagai project inisiator (sifatnya strategic) dan juga sebagai inkubasi awal untuk project tersebut. 

Apa saja tantangan yang dihadapi oleh SPMo?

Tantangannya adalah bagaimana mengatur People Communication . People communication ke setiap divisi berbeda karena setiap divisi punya bahasa cara berkomunikasi yang berbeda. Jadi kami harus bisa menyesuaikan bahasa dan cara pendekatan kami dengan berbagai divisi.

Contoh seperti divisi operasional ada beberapa pencatatan mereka yang bersifat manual, kemudian ada pengembangan agar pencatatan otomatis terdata oleh sistem. Artinya tim SPMO harus berkomunikasi dan mengerti dari sudut pandang operasional kondisinya seperti apa dan hasil yang mereka inginkan seperti apa.

Di saat yang sama tim SPMO juga harus berkomunikasi dengan tim teknologi Aruna untuk proses pengembangannya dan yang pastinya dengan bahasa yang lebih sistematis dan dokumentasi yang baik. Selama perjalanannya biasanya akan ada banyak masukan dan pendapat dari divisi-divisi terkait dan kita harus bantu menengahi agar keluar best practice dan win-win solution untuk divisi-divisi terkait ini.

Keseruan apa saja yang sering ditemukan di divisi SPMo?

Keseruan di divisi SPMO adalah memiliki tim yang selalu siap untuk diajak diskusi dan bisa saling support. Sebagai tim strategic, padatnya project yang dihadapi mengharuskan seluruh tim untuk saling backup satu sama lain. Ya, semacam kerja kelompok tapi di dunia professional.

Pencapaian terbesar SPMO?

Berdasarkan pencapaian di tahun 2019, tim SPMO melakukan persiapan yang matang untuk membentuk sistem Aruna yang terintegrasi melalui beberapa tahapan seperti observasi dan meneliti dari segi bisnis proses. Selanjutnya di tahun 2020, tim SPMO bersama tim teknologi Aruna fokus dalam melakukan tahapan proses aktivasi sistem Aruna yang terintegrasi. Dan di tahun 2021 mendatang, program aktivasi sistem Aruna terintegrasi yang telah dilakukan harapannya dapat berjalan sepenuhnya.

Perlu diingat bahwa semua pencapaian ini tentunya bukan hanya kerja keras dari SPMO tapi dari kolaborasi dengan Divisi lain. 

“Kalo diibaratkan, Aruna itu tubuh, misal dengan SPMO sebagai Jantung, MarComm (Marketing & Communication) sebagai Tangan, Management sebagai Otaknya, bisa dibayangkan jika otaknya mati maka bisnis kita (Aruna) juga akan ikut mati. Berdasarkan analogi itu, maka dibutuhkan kerjasama semua divisi agar kita bisa mencapai tujuan bersama. Dan semua pencapaian satu divisi itu adalah pencapaian untuk semua divisi yaitu Aruna sendiri”

Berawal Dari Tata boga, Kenapa Akhirnya Menjadi Strategic Manager?

Tak banyak yang tahu, sebelum terjun ke dunia strategic ternyata wanita asal Jakarta ini berkutat di  dunia tata boga loh. Namun, ketertarikannya di dunia bisnis dan memiliki latar belakang pendidikan tersebut menjadikannya sosok yang handal di dunia strategic.

“Jadi, tata boga itu jurusan saya ketika SMK karena hobi banget bikin kue. Di SMK, saya ikut training/magang di sebuah Hotel. Nah pas magang saya merasakan dunia dapur yang sangat keras. Karena dunia dapur yang keras itu. Akhirnya saya berniat untuk membuat bisnis sendiri yaitu bisnis kue, yang akhirnya saya masuk kuliah di jurusan bisnis”.

Pengalaman berbisnis di awal karirnya yaitu Stiefanie berniat untuk membuat bisnis kue sendiri. Namun, ternyata Stiefanie mendapat tawaran untuk memulai project bisnis bersama ke-4 rekan kerjanya. Kesuksesan bisnis tersebut membuahkan hasil besar, hal ini juga terbukti selama 2 tahun tim terus berkembang menjadi 70 orang. Pengalamannya membangun sebuah bisnis, Stiefanie mengasah kemampuannya dalam membentuk strategi tepat bagi perusahaan di tahun awal berkembang.

“Apapun latar belakang pendidikan kamu yang penting adalah kamu mau belajar dan kerja keras tentunya dengan doa maka itu akan terjadi”.

Menjadi seorang Wanita Di Posisi Strategic itu seperti apa?

Women in strategic positions itu mungkin di mata orang adalah sesuatu yang WOW atau spesial. Tapi percaya atau tidak, wanita merupakan tipe yang detail oriented. Jika dreams big bisa dibuat oleh Laki-laki, maka detail setiap dream big itu dapat disupport oleh wanita. Karena wanita memiliki equal opportunity dan kita juga punya kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin.

Last but least, harapan dari Stiefanie bagi Aruna kedepannya.

“Harapan saya untuk Aruna semoga menjadi semakin solid dan visinya untuk 30 tahun menjadi pusat maritim dunia tercapai.”

oOo

Dapatkan informasi lebih lanjut seputar talenta dan keahlian Nakama Aruna dengan mengunjungi laman Aruna Career Page. Dan kunjung Linkedin Aruna Indonesia untuk mengetahui berita terupdate dan peluang bergabung bersama Aruna. Kami menantikan kesempatanmu untuk bergabung memberikan perubahan untuk maritim Indonesia.

Leave a Reply