Memasuki bulan Desember, rasanya ingin segera liburan bukan? Berlibur bersama kerabat, sahabat, pasangan, atau keluarga menjadi hal yang wajib dilakukan setiap akhir tahun. Indonesia yang terkenal dengan garis pantainya yang sangat cantik, menyuguhkan pemandangan yang begitu indah. Berlibur ke pantai bisa menjadi pilihan terbaik untuk destinasi wisata pantai akhir tahun kamu lho!

Berikut 5 pantai yang wajib kalian kunjungi saat berlibur:

1. Pantai Pink, Pulau Komodo

Pantai Pink

Sumber foto : https://phinemo.com/

Apabila ingin menghabiskan liburan di kawasan pantai dengan nuansa yang unik dan berbeda, maka Pantai Pink adalah lokasi yang paling direkomendasikan karena bukan hamparan pasir putih yang akan menyambut kedatangan kita melainkan pasir berwarna pink. Warna pink ini konon berasal dari serpihan karang dan biota lain yang terbawa arus ke daratan dan bercampur dengan pasir pantai.

Tidak hanya puas menikmati pemandangannya, kamu juga dapat berfoto ria bersama teman atau keluargamu selama di Pantai Pink ini.

 

2. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu merupakan pantai yang masuk dalam urutan ke-17 di CNN World’s 100 Best Beaches In The World. Soalnya, pantai ini memiliki pasir yang putih, air laut super jernih, dan yang paling menarik perhatian wisatawan adalah pemandangan matahari terbenamnya yang super cantik. 

Pantai ini terletak di arah 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

 

3. Pantai Derawan, Kalimantan Timur

pantai derawan

Sumber foto: https://www.pegipegi.com/

Pantai Derawan, Kalimantan Timur masuk dalam wisata pantai urutan ke-63 di CNN World’s 100 Best Beaches In The World. Pantainya bersih banget dan hampir tidak ada sampah. Pasir pantainya juga putih, lembut, dan airnya jernih banget. 

FYI Pantai Derawan ini letaknya tidak jauh dari Rumah Nelayan Aruna lho, yaitu di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

 

4. Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai Ora

Sumber foto : https://www.desamerdeka.id/

Pantai Ora adalah surga yang tersembunyi di Maluku Tengah. Keindahan Pantai Ora serupa dengan Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik. Pesona Pantai Ora adalah air laut super jernih, sehingga kamu bisa menikmati langsung keindahan karang dan dunia bawah laut dari perahu. Saat malam tiba, kamu bisa menikmati bintang-bintang indah di langit dari dermaga.

 

5. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Lombok 

gili trawangan

Sumber foto: http://www.trekkingrinjani.com/

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air adalah ketiga pantai di Lombok yang sangat terkenal di kalangan wisatawan karena keeksotisannya. Di antara ketiga pantai tersebut, Gili Trawangan merupakan pantai yang terluas. Gili Air adalah pantai yang paling dekat dengan Kota Lombok dan memiliki jumlah penduduk paling banyak ketimbang kedua Gili lainnya.

Gili Air memiliki ombak yang tenang, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk mengeksplor keindahan bawah laut. Sedangkan Gili Meno merupakan pantai terkecil dan paling sunyi. Cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota besar, apalagi pantai ini memang paling sepi, jika dibandingkan Gili Air dan Gili Trawangan. Pantai ini paling indah dan air lautnya paling jernih, lho! Kamu bisa berjalan kaki dengan tenang mengelilingi Gili Meno soalnya nggak ada kendaraan bermotor sama sekali. Kualitas kebersihan udaranya jelas nggak perlu diragukan lagi.

Berlibur bersama dengan orang tersayang memang sangat menyenangkan, namun dengan kondisi dunia yang masih belum baik. Alangkah baiknya tetap menjaga protokol kesehatan COVID-19 dengan menggunakan masker, mencuci tangan, makan makanan yang sehat, dan tetap menjaga kebersihan. 

Untuk info menarik lainnya, kamu dapat kunjungi Social Media Aruna.

Baca Juga: Manfaat Ikan: Makan Ikan Itu Sehat

Leave a Reply