Rilis program terbaru, Aruna kembali membuktikan aksinya melalui inovasi program pemberdayaan nelayan, yaitu program SONAR.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mengevaluasi dampak dari program-program Aruna bagi nelayan. Hal ini juga menjadi wadah silaturahmi dan diskusi antara nelayan dan Aruna. Int bersama Deni Burhansyah, Community Development Aruna tentang program terbaru, SONAR. 

 

  1. Jika membahas awal program terbentuk, mengapa nama program ini akhirnya dikenal dengan nama SONAR dan bertujuan untuk apa ?

    Program SONAR merupakan singkatan dari (Silaturahmi Online Nelayan Aruna) adalah Program Pengembangan Silaturahmi bersama nelayan & Keluarga Nelayan Aruna di seluruh Indonesia. Program ini dimaksudkan untuk menjalin komunikasi langsung kepada Nelayan Aruna melalui video call dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti WhatsApp, Zoom Video & Google Meet hingga melalui telepon biasa.

    Tujuan program yaitu (1) ingin mendapatkan feedback dari para nelayan atas program-program Aruna yang telah dijalankan sehingga kedepannya program-program tersebut dapat lebih menjadi lebih baik lagi. (2) Nelayan-nelayan Aruna dapat mengetahui dan paham dengan program yang dihadirkan dan juga dapat meningkatkan semangat nelayan dalam meningkatkan transaksi tangkapannya ke Aruna. (3) Mengumpulkan dan melengkapi pendataan nelayan Aruna.

  2.  Apa sih latar belakang dari program SONAR & masalah apa saja yang sering dihadapi oleh nelayan?

    Sebelum Covid-19, rekan-rekan Nakama dari pusat rutin mengunjungi nelayan sebagai program silaturahmi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Dan juga dilaksanakan pertemuan khusus untuk berdiskusi yang bertujuan untuk menampung hal-hal yang dibutuhkan oleh nelayan dalam meningkatkan tangkapannya.

    Namun pada kondisi Pandemi, agenda rutin kunjungan lapangan menyapa nelayan berkurang atau tidak terlalu intensif. Maka dari itu, ComDev (Community Development) meluncurkan program SONAR sebagai media silaturahmi dan komunikasi antara Aruna dan nelayan di daerah.

  3. Adakah jadwal rutin program SONAR ini dilaksanakan? Kapan saja?

    Ya, program ini bersifat rutin. Program ini dilaksanakan setiap bulan dan telah berjalan sejak bulan Oktober 2020. Sejauh ini sudah ada 108 nelayan Aruna yang telah tergabung dalam program ini.

  4. Bagaimana respon dari Nelayan setempat dengan adanya Program SONAR?

    Para nelayan sangat merespon dengan baik. Mereka merasa menjadi lebih dekat dengan Aruna dan dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapi di lapangan serta memberikan masukan secara langsung kepada Aruna.

  5. Jika melihat dari perjalanan sebelumnya, biasanya permasalahan apa saja atau pesan apa yang disampaikan oleh para nelayan?

    Berdasarkan kegiatan-kegiatan sebelumnya, pesan yang disampaikan sangat beragam. Namun, beberapa diantaranya banyak yang menyampaikan hal-hal berikut, seperti:
    – Harga diharapkan dapat stabil dan tidak mengalami penurunan.
    – Permintaan adanya koperasi sebagai wadah simpan-pinjam yang berguna untuk memenuhi kebutuhan melaut nelayan dengan syarat & ketentuan yang mudah bagi para nelayan.
    – Adanya bantuan persediaan alat tangkap & alat penyelam bagi nelayan.
    – Serta kondisi cuaca laut yang kadangkala menghambat serta keadaan musim ikan yang berpengaruh pada kurangnya hasil tangkapan nelayan.

  6. Selama program SONAR berjalan, adakah cerita menarik dari para nelayan yang bisa dishare untuk Aruna Friends lainnya?

    Melalui program GAHAR (Gelombang Hadiah Aruna) yang menjadi salah satu sesi di program SONAR, hal ini berpengaruh pada tingginya minat & aspirasi nelayan untuk menjadi lebih bersemangat dalam menghasilkan tangkapan laut. Dan di sesi Sarasehan, menjadi wadah silaturahmi antara nelayan dan Local Heroes (LH) Aruna di miniplant terdekat.

  7. Apa harapan teman-teman di ComDev (Community Development) untuk Aruna melalui adanya program SONAR ini?

    Harapannya adalah program ini dapat membantu mewujudkan harapan nelayan secara bertahap yang dimana dapat memiliki manfaat pada Aruna dan nelayannya, Memberikan dukungan kepada nelayan agar transaksinya terus meningkat, Menjadi media komunikasi dan silaturahmi kepada nelayan dan keluarga nelayan agar tercapainya level loyalitas kepada Aruna.

Baca Juga: NakamaTalk: Perspektif Wanita Sebagai Strategic Manager Aruna

Nah, berikut adalah wawancara singkat bersama ComDev team mengenai program SONAR. Program SONAR ini telah dilaksanakan di berbagai daerah yang telah memiliki cabang Aruna atau yang dikenal dengan nama Rumah Nelayan Aruna.

Jika kamu ingin tahu informasi terbaru lainnya, pastikan follow Instagram, Facebook Aruna & Linkedin Aruna. Dan kini, Aruna juga telah hadir di platform Podcast lho. Kami juga membuka peluang bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di dunia perikanan dan teknologi, cek Karir Aruna untuk tahu informasi terbaru seputar Recruitment Aruna.

Leave a Reply