Udang Vannamei, Primadona Perikanan Indonesia

aruna_admin

March 1, 2021

Udang Vannamei

Udang termasuk dalam famili crustacea yang memiliki antena di bagian kepala dan tubuh yang bersegmen. Sekilas bentuknya tak jauh beda dengan lobster dan keduanya pun mengandung banyak protein dan nutrisi yang mirip. Baik udang dan lobster mengandung Seperti vitamin B12, zinc, omega-3, hingga fosfor. Bedanya, udang memiliki tingkat kolesterol yang lebih tinggi dan protein yang lebih tinggi.

Udang vannamei dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan, sedangkan lobster banyak ditemukan di laut. Udang memiliki rangka luar (eksoskeleton) yang lebih tipis dan halus. Eksoskeleton pada udang juga terlihat lebih transparan bila dibandingkan dengan lobster. 

Udang melayang di air dan cenderung jarang berjalan di dasar perairan sedangkan lobster merayap di dasar perairan. Kaki halusnya membantu pergerakannya saat berenang di perairan. Selain itu, baik udang maupun lobster dapat bergerak dengan cepat ketika hendak menghindar dari predator dengan menggunakan ekornya. 

Dibandingkan dengan lobster, benih udang  sudah banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia sehingga tidak harus memanen benih di alam bebas karena itu udang menjadi salah satu komoditas penting dengan kuantitas produksi nasional sebesar 886.520 ton. Pulau Jawa menjadi kontributor terbesar dengan 28,52% (252.813,89 ton) dan Pulau Sumatra dengan 18,61% (165.020,35 ton). Pada 2019, ekspor udang Indonesia mencapai 207.000 ton dimana lebih dari 80 persen hasil budidaya di tambak.

Walaupun benih udang melimpah dan bisa dibudidayakan, namun dalam proses produksinya agar benih berkualitas dan sesuai kebutuhan pasar harus diiringi dengan penyediaan pakan berkualitas dengan harga terjangkau, infrastruktur yang memadai, seperti ketersediaan air bersih, lahan sentra budidaya udang, penyediaan sarana dan prasarana pembenihan dan pemasaran, penyediaan rehabilitasi saluran primer, sekunder, dan tersier. 

Sekarang belanja udang vannamei dengan kualitas terbaik bisa didapatkan dengan mudah di Seafood by Aruna. Seafood yang kamu dapatkan berasal dari nelayan lokal Indonesia lho! Aruna Seafood kami pasarkan dalam bentuk frozen seafood dengan kemasan yang aman, hasil laut disimpan dalam freezer yang dingin dengan pengawasan ketat sehingga bisa terjamin kualitasnya.
Serunya lagi, Aruna Seafood bisa kamu pesan melalui Marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Kini telah dibuka juga untuk pemesanan melalui Whatsapp. Beli seafood menjadi lebih praktis dan terpercaya, tanpa ragu dengan kualitas ikan yang kamu beli.

Jangan lupa follow Instagram Seafood By Aruna, karena akan ada banyak informasi promo dan produk terbaru dari Seafood by Aruna. Pesannya gampang dan langsung diterima di rumahmu. Cek sekarang juga di Seafood By Aruna.

Leave a reply

No comments found.