4 Manfaat Ikan Kembung yang Sering Terlupakan

Nakama Aruna

April 5, 2021

manfaat ikan kembung aruna

Ikan kembung termasuk dalam kategori ikan pelagis, yaitu ikan yang habitat hidupnya di lapisan permukaan perairan. Ikan-ikan yang masuk kategori ikan pelagis ini biasanya hidup bergerombol dan melakukan migrasi.

Sebagai bagian dari pelagis, ikan kembung punya ciri khas fisik ramping memanjang dan tubuhnya dipenuhi sisik yang berukuran kecil dan seragam. Selama ini ikan kembung dikenal sebagai ikan yang gurih dan enak. Tidak heran, menu olahan ikan kembung mudah kita jumpai di rumah-rumah makan dan diolah juga di dapur pribadi rumah tangga. 

ikan kembung aruna
Sumber foto: https://www.grid.id/read/041774515/fakta-unik-ikan-kembung-ternyata-memiliki-kandungan-omega-3-lebih-tinggi-dari-ikan-salmon?page=all

Tapi, karena sudah begitu akrab dengan keseharian kita, khasiat ikan kembung sering terlupakan. Gengsinya juga kalah dengan ikan salmon atau tuna yang dianggap punya kandungan nutrisi yang tinggi. Tapi siapa sangka, untuk urusan yang satu ini ikan kembung sebenarnya tidak kalah lho! Tapi syaratnya, cara mengolahnya harus tepat.

Berikut beberapa nutrisi manfaat ikan kembung yang sering terlupakan:

1. Mengendalikan kadar gula darah

Tidak banyak yang tahu kalau ikan kembung punya kandungan Omega 6 yang tinggi. Secara umum, Omega 6 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang menjalankan fungsi-fungsi esensial untuk tubuh. Nah, Omega 6 ini juga berkhasiat mengendalikan kadar gula darah kita lho! Bagi para penderita diabetes, tentu ini adalah kabar baik karena ikan kembung bisa jadi alternatif yang ideal untuk konsumsi sehari-hari.

Selain itu, jika Omega 6 dikonsumsi dengan seimbang bersamaan dengan Omega 3 maka akan membantu tubuh mengurangi peradangan. Caranya cukup mudah juga. Kita bisa melengkapi menu ikan kembung dengan ikan-ikan berlemak seperti Sarden dan Tenggiri. 

Baca Juga: Udang, Primadona Perikanan Indonesia

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Selain Omega 6, ikan kembung juga memiliki kandungan Omega 9. Menurut ahli gizi, Omega 6 dan 9 ini bisa menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi dengan baik. Kabar baiknya adalah jika jantung kita sehat, maka resiko terkena serangan stroke dan komplikasi lain yang bermuara pada jantung juga bisa dikurangi.

Omega 9 sangat berguna juga untuk membantu penyerapan berbagai vitamin dalam tubuh. Artinya, Omega 9 bisa menjaga kebutuhan gizi kita.

3. Menambah massa otot

Bagi kita yang sedang menjalani program pembentukan tubuh ideal dan ingin menambah massa otot, ikan kembung juga punya kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Salah satu alasannya adalah karena ikan kembung memiliki kandungan protein hewani yang tidak kalah dengan daging sapi. Jadi, mengkonsumsi ikan kembung dengan rutin akan membantu mencukupi kebutuhan protein hewani tubuh kita. Ini berarti, ikan kembung bisa jadi alternatif bagi daging merah.

4. Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Kandungan docosahexaenoic acid (DHA) dalam ikan kembung dapat mencegah Alzheimer dan Parkinson. DHA berperan besar dalam proses pembentukan sistem saraf, mata, dan otak manusia. Oleh karena itu, para ahli gizi berpendapat kalau konsumsi DHA yang terkandung dalam ikan kembung baik untuk menjaga kesehatan saraf, membantu daya ingat, serta baik untuk dikonsumsi ibu hamil demi perkembangan janin yang sehat. Jika sistem saraf sudah terbentuk dengan baik, DHA akan berfungsi untuk merawatnya juga. Oleh karena itu, DHA baik untuk menjadi asupan nutrisi bagi segala usia.

Sebagai tambahan, ada pula manfaat ikan kembung yang memiliki kandungan vitamin D. Dengan vitamin D, penyerapan kalsium akan semakin maksimal sehingga secara langsung berfungsi untuk mendukung pembentukan, perawatan, dan penguatan tulang dan gigi.

Nah setelah tahu manfaat ikan kembung yang sering terupakan, yuk konsumsi ikan kembung supaya lebih sehat!

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan seafood yang segar dan berkualitas di Seafood by Aruna lho! Langsung aja cek di official store Aruna

Leave a reply

No comments found.