Aruna Peringati Hari Nelayan Nasional 2021

Nakama Aruna

April 6, 2021

Aruna peringati Hari Nelayan Nasional

Hari Nelayan Nasional diperingati setiap tanggal 6 April. Peringatan ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1960 lalu. Tujuannya adalah sebagai wujud apresiasi atas jasa-jasa nelayan Indonesia dalam memenuhi kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh masyarakat. Selain itu, tentunya Hari Nelayan Nasional dimaksudkan sebagai bentuk pengingat sekaligus syukur dan membangkitkan kesadaran kita bersama untuk senantiasa ikut memajukan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita perlu memahami letak geografis Indonesia yang strategis. Diapit oleh dua samudra menjadikan potensi perikanan sebagai potensi unggulan. Perikanan bisa menjadi andalan untuk mendukung penghidupan kita semua. Nenek moyang kita telah menyadarinya sehingga mereka telah memanfaatkan potensi itu. Masyarakat tradisional hingga kini masih menggunakan berbagai perbekalan berupa ilmu pengetahuan dan teknologi sederhana dan ketangkasan dalam bekerja sebagai nelayan. Oleh karena itu, keahlian mereka di laut telah teruji selama berabad-abad.

Sudah Tradisi

Sejak dulu, nenek moyang kita telah melakukan berbagai tradisi ataupun ritual untuk mengucap syukur atas hasil tangkapan laut. Semangat Hari Nelayan Nasional juga sejalan dengan tradisi itu. Konon, ada tradisi yang dimulai di Pantai Pelabuhan Ratu. Tradisi itu dijalankan secara turun-temurun dan diisi dengan tarian tradisional kemudian melepas sesajen.

Di zaman modern, tradisi bersyukur atas hasil tangkapan itu tetap berjalan namun sesajen kini diubah menjadi benih ikan, bibit udang, tukik (anak penyu) dan lain-lain yang bermanfaat untuk menjaga kehidupan perikanan laut yang berkelanjutan di masa depan.

Baca juga: Perayaan Ulang Tahun Aruna Indonesia yang Ke-5

Khusus di Hari Nelayan Nasional 2021 ini pula Aruna Indonesia ingin mengajak kita semua untuk kembali menyadari bahwa laut merupakan asal mula kehidupan. Hasil penelitian Arkeologi dan Paleontologis mengajarkan kepada kita bahwa semua kehidupan bermula dari laut dan perairan. Untuk itu, kita yang hidup di zaman modern ini harus selalu menghormati laut dengan menjaga kehidupan laut yang didasarkan pada prinsip berkelanjutan dan berkeadilan bagi semua makhluk hidup.

Laut untuk Semua

Sesuai dengan prinsip yang selalu dipegang teguh oleh Aruna Indonesia yaitu “Laut untuk Semua”, maka kehidupan laut yang berkeadilan dan berkelanjutan memang harus terjaga. Salah satu cara terbaik adalah dengan terus melakukan sosialisasi cara-cara penangkapan ikan yang sehat. Dengan mewujudkan tata cara dan tata kelola perikanan yang sehat itu, kita bisa ikut menjaga keberlangsungan kehidupan habitat laut.

Hal ini mutlak diperlukan karena guna memastikan laut kita bisa terus menjadi sumber kehidupan bagi generasi-generasi yang akan datang. Di situlah peran Aruna menjadi sangat penting. Dengan usaha menjaga laut dan kehidupan laut tetap sehat, Aruna berupaya menjadi solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi oleh komunitas pesisir khususnya nelayan.

Bertepatan dengan Hari Nelayan Nasional ini, Aruna juga ingin menegaskan komitmen untuk menjadi salah satu andalan pemerintah Indonesia dalam mengkampanyekan dunia perikanan yang sehat yang membawa manfaat kebaikan bagi semua makhluk hidup serta lingkungan perairan secara umum.

Kontribusi Positif Aruna Indonesia untuk Perikanan Nasional

Berbagai permasalahan laut di atas kerap menimbulkan masalah sosial yang mengikutinya. Masalah itu misalnya keengganan generasi muda untuk menjalani profesi nelayan dan penolakan pasar akan hasil laut lokal. Bahkan mereka sampai beralih menjalani pekerjaan lain yang dianggap lebih bisa mendatangkan keuntungan cepat.

Baca juga: #BincangNakama – Randy, Local Heroes Aruna di Masalembu

Menyadari hal itu, Aruna berkomitmen untuk menyelenggarakan kehidupan laut yang sehat. Prioritas pun ditetapkan mulai dari pembangunan sarana dan prasarana laut di berbagai lokasi pesisir. Dilanjutkan juga dengan mewujudkan transparansi jual-beli hasil tangkapan. Aruna juga melakukan persiapan jalur-jalur distribusi yang efektif.

Aruna juga membagikan beberapa bingkisan bagi para nelayan yang telah memberikan kontribusi hasil tangkapnya melalui program GAHAR (Gelombang Hadiah Aruna). Dengan program ini, nelayan yang bisa mencapai jumlah target tertentu akan mendapatkan bonus berupa kupon yang bisa ditukarkan dengan alat-alat tangkap baru ataupun bahan-bahan kebutuhan rumah tangga.

Setiap bulannya, Aruna rutin mengadakan acara bagi para nelayan dan warga pesisir dengan nama “Sarasehan Aruna”. Hal ini dimaksudkan untuk membangun komunikasi, kepercayaan, serta memberikan edukasi penting yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga nelayan.

Di Hari Nelayan Nasional tahun ini juga Aruna Indonesia ingin menegaskan dukungan kepada pemerintah, khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan yang tentu sudah bekerja keras untuk menyelenggarakan kehidupan laut yang adil dan berkelanjutan bagi semua.

Salah satu langkah nyata Aruna yang terbaru adalah dengan meluncurkan program asuransi bagi nelayan. Program ini bekerjasama dengan Qoala, sebuah startup teknologi asuransi dan perusahaan asuransi BRI Life. Dengan kerja sama ini, Aruna bermaksud memberikan perlindungan lebih kepada nelayan.

Salam,

Selamat Hari Nelayan Nasional 2021.

Laut Untuk Semua!

Leave a reply

No comments found.