Ikan Kembung Perempuan dan Lelaki, Apa Sih Bedanya ?

Nakama Aruna

June 16, 2021

Ikan Kembung Perempuan dan Lelaki, Apa sih bedanya ?

Sebelum mulai menulis, mimin punya tebak-tebakan nih!
Ikan, ikan apa yang suka bikin masuk angin? 
Ada yang tahu?
Yups betul banget jawabannya Ikan Kembung!

Eits, jangan salah lho, ikan yang satu ini merupakan ikan yang sangat digemari oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hampir di seluruh pasar ikan baik yang offline maupun online menjual ikan ini. Dagingnya yang tebal namun memiliki duri yang sedikit, membuat semua restoran atau rumah makan tradisional menyediakan menu ikan Kembung. 

Aruna Friends, Tahukah kamu fakta ilmiah tеrkаіt Ikan Kembung ?

Ikan ini adalah sekelompok ikan laut pelagis kecil yang termasuk genus Rastrelliger. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, dan tuna lho! Ikan Kembung (Rastrelliger spp) dapat di bedakan mеnјаdі 3 species уаіtu Rastrelliger kanagurta, Rastrelliger brachysoma, dаn Rastrelliger neglectus. Sеdаngkаn ikan Kembung dі Teluk Jakarta terdiri dаrі 2 spesies уаіtu ikan Kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta) dаn Kembung Perempuan (Rastrelliger brachysoma).

Mengapa ada ikan Kembung Lelaki dan Perempuan? Apakah itu jenis kelaminnya?

Nama Kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta) dan Kembung Perempuan (Rastrelliger brachysoma) hanyalah penamaan lokal dan tidak berhubungan sama sekali dengan jenis kelamin. Masing-masing dari populasi kedua jenis ikan ini memiliki pejantan dan betinanya sendiri.

Ikan Kembung Lelaki (Rastrelliger kanagurta) dikenal dengan Indian Mackerel dalam penamaan Inggris dan masyarakat lokal biasa menyebutnya ikan Kembung Banjar, Banyar (Jawa Barat/Jakarta); Gombong (Jawa Tengah); Banyar (Jawa Timur); Bulus Lake (Madura); Banyara’, Botto’-Botto’ (Sulawesi Selatan), Sangsaa, Kapa Pole, Kapure (Sulawesi Utara); Rumah-Rumah (Sulawesi Tenggara) dll. 

Sumber: Market Fishes

Spesies ikan ini paling populer di antara jenis-jenis kembung lainnya. Adapun ciri-cirinya, sebagai berikut: 

  1. Ikan ini berukuran kecil hingga sedang antara 20-25 cm, namun dapat tumbuh maksimal hingga 35 cm. Bentuk badan agak langsing dan pipih atau lebih ramping. 
  2. Pada ikan hidup atau ikan yang masih segar, bagian kepala dan punggung umumnya didominasi warna biru hijau kekuningan atau keemasan dengan dua sampai tiga baris totol-totol hitam. Tiga atau empat garis hitam memanjang juga dapat dilihat di sekitar gurat sisi (garis-garis sempit memanjang di sisi atas).
  3. Perut umumnya memiliki warna putih keperakan. Dua garis keemasan membujur di perut atas. Bintik hitam dekat tepi bawah sirip dada. Bintik hitam ini tidak ditemukan pada jenis perempuan.
  4. Sirip punggung depan kekuningan dengan tepi hitam, sirip ekor biasanya gelap, dan sirip-sirip selebihnya abu kehitaman. Jarak antara sirip punggung pertama dan kedua cukup jauh.
  5. Kembung Lelaki bersifat epipelagik, mengembara terutama di perairan dangkal sekitar paparan benua. Ikan ini tersebar mulai dari Indo–Pasifik Barat. Daerah penyebarannya dі perairan pantai Indonesia dеngаn konsentrasi terbesar terdapat dі perairan Laut Jawa, Kalimantan, Sumatera Barat, dаn Selat Malaka.

Ikan Kembung Perempuan (Rastrelliger brachysoma)

Sedangkan ikan jenis ini biasa dikenal dengan nama Inggris Short Mackerel dan memiliki nama lokal berdasarkan wilayah seperti Bulus Bine (Madura); Au-Au (Sulawesi Selatan), Rumah-Rumah (Sulawesi Tenggara), dll. 

Sumber: Market Fishes

Perbedaannya juga dapat dilihat dari bentuk fisik tubuh, diantaranya: 

  1. Bentuk tubuh lebih lebar dengan kepala lebih besar dibanding Kembung Lelaki.
  2. Bentuk moncong runcing dengan struktur rahang atas yang kokoh.
  3. Pada warna tubuh memiliki warna yang kontras antara bagian punggung dan perut. Tubuh bagian atas didominasi warna hijau keperakan dengan bintik-bintik hitam kecil.
  4. Tapis insang terlihat dari sisi kepala ketika mulut terbuka. Sirip ekor berwarna kekuningan.
  5. Kembung Perempuan termasuk jenis epipelagik,  dapat ditemukan di perairan rataan terumbu karang yang dangkal hingga daerah estuaria di sekitar muara sungai. Ikan ini tersebar mulai Hindia Timur & Pasifik Tengah Barat.

Baca Juga: 4 Manfaat Ikan Kembung yang Sering Terlupakan

Kedua jenis ikan tersebut sering ditemukan berenang bersama-sama dalam kolom air sambil membuka mulut untuk menyaring fitoplankton dan zooplankton kecil yang terbawa arus sebagai sumber makanannya. 

Keduanya merupakan ikan bernilai ekonomi penting dan sangat digemari masyarakat di Asia Tenggara. Ikan ini dijual segar di pasar atau diolah terlebih dulu dan banyak dijual di pasar dan supermarket.

Kita juga bisa mendapatkan ikan kembung yang segar dan berkualitas di Seafood by Aruna lho! Langsung aja cek di official store Aruna

Leave a reply

No comments found.