#BincangNakama – Mahdy, Local Heroes Aruna di Sorong, Selayar, dan Tanamalala

Nakama Aruna

June 22, 2021

Mahdy, LH Selayar

Hi Aruna Friends,

#BincangNakama kali ini kita akan membahas mengenai Local Heroes yang sudah 3 kali ditempatkan di lokasi yang berbeda. Bagaimana cerita seru seputar pengalamannya bertugas ya kira-kira. Yuk kita simak cerita lengkapnya!

Ahmad Abdullah Atapukan, akrab disapa Mahdy, adalah Local Heroes Aruna yang lokasi penempatan tugas pertamanya di Aruna Site Wilayah Indonesia Timur yaitu Sorong. kemudian setelah kurang lebih 7 bulan berada di Sorong, ia dipindahkan ke Aruna Site Tanamalala selama kurang lebih 5 bulan. Terakhir ia dipindahkan ke Aruna Site Selayar hingga saat ini. 

Mahdy ini satu dari banyak Nakama Aruna yang sangat hobi travelling dan menyukai pekerjaan lapangan, jadi tidak heran jika sudah banyak daerah pesisir yang ia jelajahi. Makanya, bertemu dan berinteraksi langsung dengan masyarakat pesisir khususnya nelayan bukan suatu hal asing bagi ia. 

Selama menjalankan tugasnya sebagai Local Heroes, banyak sekali pengalaman yang ia dapatkan. Salah satunya ketika ia ditempatkan di  Aruna Site Tanamalala. 

Interaksi seru dan akrab dengan nelayan

Aktivitasnya sejak bangun tidur hingga tidur lagi itu selalu berhubungan dengan nelayan. “Kalo di pikir-pikir saya tidak berinteraksi dengan nelayan itu hanya ketika saya tidur saja”, kata Mahdy. Begitu dekatnya hubungan mereka sampai-sampai Mahdy ini sudah di anggap sebagai keluarga. Dan hebatnya lagi, para nelayan ini sering bantu Mahdy ketika ia mulai melakukan proses penanganan ikan. 

Selain pengalaman itu, Mahdy juga merasakan susahnya dapat listrik dan sinyal dikarenakan daerah Tanamalala ini termasuk daerah yang terkena pembatasan listrik. Listrik akan menyala dari jam 6 sore hingga 11 malam. Selama listrik menyala biasanya Mahdy akan manfaatkan untuk mengurus segala administrasi tugasnya sebagai Local Heroes. Hingga dimanfaatkan juga untuk keperluan pribadinya seperti mengisi ulang daya handphone dan laptopnya. 

Selama listrik menyala nelayan-nelayan Aruna pun memanfaatkannya dengan berkumpul di Aruna Site. Mereka  saling berbagi pengalaman, mulai dari pengalaman hidup, melaut, hingga pengalaman seru lainnya.

Hiburan lainnya ketika Mahdy di Tanamalala adalah banyak bermain dengan anak-anak nelayan, “biasanya untuk melepas penat saya sering diajak memancing, memanah ikan, kemudian karena jarak dari Aruna Site ke pantai dekat saya bisa langsung berenang ke laut” kata Mahdy.

Bangga menjadi Local Heroes

“Momen yang membuat saya bangga, ketika saya membuat Turnamen 17 Agustusan yaitu Sepak Bola Mini. Acara ini sungguh luar biasa, antusias masyarakat sangat tinggi. Kita selaku Nakama Aruna bisa membaur dengan seluruh masyarakat pesisir Desa Tanamalala”, kata Mahdy.

Acara yang berlangsung selama satu minggu ini membuat kesan yang sangat mendalam bagi Mahdy. Karena saking antusias nya, bahkan, ibu-ibu pesisir disana juga minta dibuatkan acara serupa tapi jenis permainannya Bola Volly. 

“Padahal waktu itu untuk hadiahnya hanya beberapa bingkisan saja. Hanya saja partisipasi dan antusias dari mereka tidak bisa saya lupakan”, lanjut Mahdy. 

Sedangkan momen yang membuat terharu dan sedih justru ketika Mahdy harus pindah ke Aruna Site Selayar. Para nelayan yang sering berinteraksi dengannya seperti tidak rela. Menurut Mahdy, bahkan ada salah satu nelayan yang bilang “siapa itu yang suruh Mahdy pindah, sini saya mau bicara”. Namun, meski sekarang sudah di Selayar, hubungan baik tetap dijaga dan mereka tetap berkomunikasi. Bagi Mahdy, pengalaman ini membuka ruang-ruang interaksi dan pertemanan yang tulus.

“Dari kacamata saya pribadi dengan hadirnya Aruna, tidak hanya di Aruna Site Sorong, Selayar, dan Tanamalala, bahkan seluruh pesisir Indonesia. Nelayan merasa bebas dan merdeka karena mereka tidak memikirkan adanya pihak ketiga”, kata Mahdy menyampaikan pendapatnya. 

Nelayan merasa diperlakukan adil karena hasil tangkapannya di timbang dengan timbangan yang akurat dan transparan. Terlebih lagi, adanya program Aruna GAHAR terbukti sangat membantu nelayan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Nah kalau kamu penasaran dengan pengalaman Nakama Aruna dan produk-produk hasil laut segar yang mereka hasilkan dari nelayan-nelayan lokal Indonesia, kamu bisa cek langsung di Seafood by Aruna yang selalu menampilkan hasil tangkapan nelayan lokal

Leave a reply

No comments found.