4 Cara Mengolah Lobster yang Wajib Diketahui

aruna_admin

June 28, 2021

cara mengolah lobster

Siapa yang suka udang? Pasti banyak yang suka makan udang segar. Nah, apa jadinya kalau udang ini udang raksasa? Ya, di artikel kali ini kita ngobrolin cara mengolah lobster. 

Kata orang, lobster yang dimasak dengan sempurna adalah salah satu kenikmatan terbaik yang bisa didapatkan manusia lho! Nah rupanya, cara memasaknya tidak serumit yang dibayangkan. Direbus ataupun dikukus adalah dua metode yang paling mudah, sederhana, dan cepat.

Tetapi, ada syarat utama yang perlu kita perhatikan. Syarat itu adalah lobster harus dijaga agar tetap segar dan sehat sebelum diolah. Selain itu, tentu saja kita harus memperhatikan durasi mengolahnya. Sebagai contoh, jika kita merebusnya terlalu lama, ada resiko daging lobster akan menjadi keras dan terasa kurang segar. Berikut empat hal penting yang perlu kamu perhatikan saat mengolah hewan laut ini.

Ukuran wadah

Kenapa faktor ini menjadi penting? Seperti memasak menu lainnya, wadah untuk mengolah lobster perlu disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Kalau bingung perlu sebesar apa, untuk amannya, sediakanlah wadah berukuran besar yang melebihi ukurannya. Dengan begitu, resiko menjadi lebih kecil.

Besar ukuran wadah sebenarnya merupakan syarat penting pendukung. Karena asalkan wadahnya tidak kekecilan, air mendidih untuk merebus lobster sudah cukup untuk membuat rebusan lobster jadi sempurna.

Lobster direbus atau dikukus?

Dua hal ini harus ditentukan sebelum memulai memasak. Beberapa orang lebih senang mengukusnya karena bisa menghindari daging lobster terkena terlalu banyak air. Akan tetapi, beberapa orang lain lebih suka merebusnya di dalam air. Alasannya: karena dengan merebusnya, daging lobster bisa sekaligus dibersihkan dan akan lebih kenyal.

Dua cara ini sah saja untuk kita lakukan, asalkan, kita memperhatikan hal lain yang penting yaitu durasi pengolahan. Direbus ataupun dikukus, durasi pengolahannya harus tepat. Jangan sampai terlalu lama atau yang dikenal dengan istilah overcooked.

Tapi, bisa jadi kita justru merebus atau mengukusnya terlalu cepat. Karena biasanya, meski seluruh lapisan kulit luarnya sudah berwarna kemerahan, bisa jadi dagingnya belum sepenuhnya matang lho! Salah satu cara mengukur kematangannya adalah dengan memijat bagian antena. Jika daging di dalamnya sudah bisa keluar, maka hampir bisa dipastikan telah matang & siap untuk disantap.

Baca Juga: Cara Mengolah Ikan Kerapu Supaya Lezat Rasanya

Lobster panggang

Nah ini dia salah satu pilihan favorit banyak orang. Jika kamu suka dengan sajian lobster yang menggugah selera, kamu boleh coba memanggangnya. Metode ini membuat harumnya menjadi sangat terasa. Terlebih lagi jika bumbu yang digunakan telah diramu sedemikian rupa. 

Caranya pun terbilang cukup sederhana. Sama sekali tidak rumit seperti yang sering dibayangkan orang. Kamu cukup memastikan pemanggangnya telah dibersihkan. Setelah itu kamu bisa membersihkan badannya dan menyiapkannya untuk diletakkan di atas pemanggang. Setelah itu mulailah memanggangnya. Bagi sebagian orang memilih untuk membuka bagian kulit kerasnya sebelum dipanggang. Tapi ada juga yang senang memanggangnya langsung. Durasinya juga relatif cepat lho! Sekitar 6 hingga 8 menit saja kamu sudah bisa menikmati sajian favorit yang sangat menggugah selera.

Perlu gak sih tali pengikat dilepas sebelum lobster direbus?

Ada pertanyaan umum yang sering kita tanyakan yaitu apakah tali pengikat perlu dilepas dulu? Nah jawabannya tidak. Alasannya adalah durasi mengolah lobster termasuk sangat singkat. Tali pengikatnya akan cukup tahan dan jauh lebih mudah serta lebih kecil resikonya jika dilepas setelah proses merebus atau mengukus selesai.

Nah, setelah memahami empat cara mengolah lobster, selanjutnya kamu cukup mencari lobster segar yang siap diolah. Selain lobster juga ada hasil tangkapan laut segar lainnya asli dari nelayan lokal Indonesia lho! Yuk cek langsung ke Seafood by Aruna di toko-toko online favorit kamu, seperti di Tokopedia, Shopee, atau melalui Personal Shopper. Cara mudah untuk mendapatkan seafood sehat dan bisa langsung mengolahnya di rumah karena Seafood by Aruna siap mengantar langsung ke rumah kamu.

Leave a reply

No comments found.