Fakta dan Khasiat Ikan Tenggiri yang Belum Banyak Diketahui

Nakama Aruna

June 28, 2021

Fakta dan Khasiat Ikan Tenggiri

Pempek? Kemplang? Otak-otak? Siomay? 

Makanan tersebut sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Hampir di semua kota besar pasti ada yang menjual makanan tersebut. Nah pasti kalian juga tahu kalau bahan utama untuk membuat olahan yang enak dan lezat tersebut ternyata dari ikan segar. 

Ikan apa saja yang biasa digunakan? Kenapa bisa ikan itu menjadi bahan utamanya? Kalo pakai ikan dengan jenis yang lain gimana? 

Penasaran dengan jawabannya, yuk mimin jawab satu per satu ya. 

Ikan adalah salah satu makhluk hidup yang punya manfaat dan kandungan gizi yang luar biasa. Kita sebagai manusia bisa dengan mudah memanfaatkan kondisi tersebut. Kandungan omega-3 pada ikan bisa membantu kita untuk memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat, dan konsentrasi. Bahkan untuk ibu hamil, bisa membantu perkembangan saraf tubuh, otak, dan mata janin di dalam kandungan dan juga berpeluang lebih besar untuk melahirkan bayi yang sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. Kandungan kalsiumnya juga bermanfaat dalam pemeliharaan tulang dan gigi serta membantu kontraksi dan relaksasi pada otot kita. Itulah mengapa ikan bisa menjadi bahan dasar makanan dan juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. 

Jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat olahan makanan di atas biasanya ikan Tenggiri. Ikan ini adalah jenis ikan laut bernama latin Scomberomorus sp. Ikan tenggiri memiliki kedekatan dengan jenis ikan laut lain seperti tuna, tongkol, makarel dan sejenisnya. Memiliki tubuh yang panjang, warna dari badannya adalah abu-abu mengkilat, tidak memiliki sisik, dan bertubuh besar. Biasanya ikan tenggiri mencapai panjang hingga 220 cm. Ikan tenggiri ini memiliki moncong yang runcing, mulut lebar serta gigi-gigi yang tajam. 

Gambar Scomberomorus sp.

Tekstur daging ikan tenggiri banyak sekali seratnya. Selain itu ikan ini juga terkenal dengan tekstur daging yang lembut dan lengket. Duri dari ikan tenggiri juga tergolong mudah dilepaskan namun tetap harus berhati-hati karena durinya berukuran besar sehingga bisa melukai tangan Anda. tapi bonusnya, rasa dari ikan tenggiri ini gurih dan khas.  

Tenggiri, ikan favorit untuk bahan olahan makanan lezat

Karena tekstur dan kondisi duri yang mudah dilepas inilah ikan tenggiri menjadi bahan dasar untuk membuat olahan makanan tadi. Salah satunya membuat pempek menjadi lebih kenyal. Daging ikan tenggiri yang digunakan pastinya daging yang sudah bersih. Seringkali orang mengolahnya dengan cara membuat fillet dan sudah terlepas dari durinya sehingga mudah untuk menguleninya dengan tepung sagu.

Selain ikan Tenggiri, ada juga beberapa ikan yang bisa jadi bahan utama untuk membuat pempek diantaranya ikan Belida sebenarnya ikan inilah yang menjadi bahan utama pempek yang lezat. Sayangnya, ikan ini sudah jarang sekali ditemui dan harganya juga cukup tinggi. Selanjutnya ikan Gabus karena memiliki tekstur yang pas juga untuk dijadikan bahan pempek yang lezat. Terakhir adalah ikan Kakap Merah. Memang ikan ini tidak segurih ikan tenggiri saat dijadikan bahan pempek. Tapi Kakap Merah bisa jadi bahan alternatif saat tak ada ikan yang lain untuk dimasak jadi pempek.

Sekarang untuk mendapatkan ikan tenggiri yang sudah di fillet dan kualitas terbaik sangat mudah. Silahkan cek Tokopedia atau Shopee Anda lalu ketik Seafood by Aruna. Seafood segar dari nelayan lokal ini juga bisa jadi alternatif kamu untuk bikin cemilan pendamping makan siang lho!

Leave a reply

No comments found.