Di Kala Pandemi, Makan Ikan Bisa Menjaga Imun dalam Tubuh

Nakama Aruna

July 31, 2021

Dikala Pandemi, Makan Ikan Bisa Menjaga Imun dalam Tubuh

Indonesia harus kembali menjalankan #DirumahSaja untuk mengurangi lonjakan kasus Covid-19 yang semakin meningkat. Banyak kabar duka yang santar terdengar akhir-akhir ini baik melalui speaker di masjid, layar televisi, atau media elektronik lainnya. 

Meski kerap dirundung kesedihan, penting bagi kita semua untuk terus menjaga sistem imun. Tentunya kita perlu menjaga diri agar sekaligus juga menjaga kesehatan sesama. 

Banyak cara agar imun dalam tubuh tetap terjaga. Salah satunya menerapkan pola hidup yang sehat dengan asupan makanan yang bergizi. Selain itu juga olahraga teratur, serta menjaga pikiran dan hati agar tetap happy.

Nah, asupan makanan bergizi yang mudah didapat dan bisa jadi andalan adalah ikan. Masih ingat dengan pernyataan Bapak Jokowi ketika awal pandemi lalu yang menyatakan bahwa;

“Makan makanan ikan yang sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh. Makanan bergizi bantu daya tahan tubuh terhadap COVID-19, tapi juga juga hati yang gembira, tenang, tidak panik, istirahat cukup, dan olahraga teratur.” 

Tidak perlu memikirkan ikan salmon atau tuna yang relatif mahal dan sulit didapatkan. Nyatanya ada lho, pilihan-pilihan ikan lain yang mudah didapat dan bisa membantu meningkatkan sistem imun di tubuh kamu. 

Ikan Kembung

Ikan ini sempat viral. Pasalnya, salah satu cuitan di twitter dari seorang influencer sekaligus youtuber bernama Ridwan Hanif menyebutkan bahwa;

“Beli vitamin omega-3 mahal-mahal, padahal ikan kembung lebih murah dan lebih banyak omega-3 nya dibandingkan ikan salmon :D”.

Yups, ikan ini memang terkenal dengan kandungan omega-3 yang lebih tinggi daripada ikan salmon. Omega-3 berguna untuk membantu perkembangan sel serta perkembangan fungsi otak dan saraf. 

Menurut dokter sekaligus ahli gizi, dr. Tan Shot Yen, ikan kembung mengandung protein, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, D, E fosfor, vitamin C dan omega-3 yang baik untuk tubuh. 

Ikan kembung juga sangat mudah didapatkan dan harga jualnya terjangkau. Nah, gak ada alasan lagi bagi kamu untuk ga konsumsi ikan ini ya.

Ikan Tongkol

Ikan yang masih satu kerabat dengan ikan kembung ini ternyata memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi juga lho!. 

Selain omega-3, ikan tongkol diketahui mengandung banyak vitamin D dan kalsium. Tongkol juga banyak mengandung protein, vitamin A dan vitamin B12. Bersama dengan protein, kedua vitamin tersebut dapat memperkuat daya tahan tubuh. Kamu nggak akan mudah terkena penyakit dan infeksi deh.

Patin

Ini dia ikan yang kerap direkomendasikan oleh Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Ikan yang satu ini merupakan sumber omega 3 dan omega 6 yang baik. Jenis ikan air tawar ini juga menyimpan beberapa mineral, seperti fosfor dan kalium. Selain itu, ikan patin memiliki jumlah kalori sedang yang baik sebagai sumber energi. Tipe asam amino lisin juga dinilai banyak dalam ikan patin.

Ikan Lele 

Menurut laman FatSecret Indonesia, ikan lele mengandung 204 kkal kalori, 7.26 gram karbohidrat, 14.93 gram protein, dan 12.35 gram lemak jenuh dan tak jenuh. Sementara itu, dikutip dari Livestrong, Omega-3 yang terkandung dalam ikan lele juga cukup besar yakni 0.22-0.3 gram. 

Ikan yang mudah ditemukan dan harganya relatif terjangkau ini banyak mengandung protein yang bagus. Tentu saja bermanfaat untuk pembentukan sel imun dan perkembangan sel-sel otak anak. Kandungan vitamin B12 pada lele juga berguna untuk pembentukan sel darah merah bagi anak.

Nah, itulah beberapa jenis pilihan ikan yang dapat kamu temukan dengan mudah. Kamu cukup pastikan untuk dapat mendapatkan ikan segar dengan kualitas terbaik. Supaya kebutuhan nutrisi keluarga kamu terpenuhi. Jangan khawatir, kini seafood terbaik bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui toko online Seafood By Aruna. 

Seafood by Aruna bisa kamu temukan di berbagai ecommerce favorit pilihan masyarakat Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Food.id, Grab Mart. dll. Jadi tunggu apa lagi saatnya siapkan menu sehat untuk kamu dan keluarga.

Leave a reply

No comments found.