Sumber Vitamin D Alami Selain Sinar Matahari, Rasakan Manfaatnya

Nakama Aruna

July 31, 2021

Vitamin D bisa didapat dari makanan bergizi seperti seafood

Selama masa Pandemi, kebutuhan nutrisi menjadi hal penting untuk meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa nutrisi itu seperti Vitamin D, Vitamin B6, Vitamin C, dan lain-lain. Meski tubuh kita memiliki sistem alami, terkadang tambahan nutrisi diperlukan untuk menangkal penyakit dari virus dan bakteri. Itulah yang dinamakan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Semakin tinggi tingkat imunitas tubuh, semakin kecil pula kemungkinan terserang penyakit. 

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang bisa didapatkan melalui sinar matahari. Oleh karena itu, akhir-akhir ini masyarakat kerap melakukan aktivitas berjemur. Namun, tahukah kamu kalau Vitamin D bisa didapatkan dari sumber makanan alami?

Berikut ini pilihan makanan bergizi yang mengandung Vitamin D alami

Seafood Dipercaya Memiliki Nutrisi Lengkap

Pastinya, kandungan nutrisi dalam seafood lengkap banget. Selain kaya vitamin D, seafood adalah jawaban tepat buat kamu yang sedang dalam program diet. Nggak heran ya, karena seafood kaya akan nutrisi yang juga memiliki kelebihan dalam mengurangi peradangan. Nah selain itu, seafood bagus untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Semua itu karena seafood umumnya mengandung protein, omega-3, vitamin dan B, zat besi, seng, dan selenium. 

Nah, jenis seafood apa aja sih yang mampu melengkapi kebutuhan Vitamin D? 

  • Salmon

Ikan jenis ini memiliki sumber vitamin D yang baik untuk tubuh. Menurut Komposisi Makanan dari United States Department of Agriculture (USDA), rata-rata salmon hasil tangkapan mengandung 988 IU vitamin D per porsi 3,5 ons (100 g) atau 124% dari DV. 

Tidak hanya itu, salmon juga mengandung kalsium serta nutrisi penting untuk meningkatkan fungsi otak, dan melindungi sistem saraf.

  • Tuna

Sajian olahan tuna kaleng yang dapat kita temui dengan mudah di beberapa supermarket, ternyata memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Rata-rata 1 kaleng tuna memiliki kandungan 268 IU pada 3,5 ons (100 g) penyajian atau 34% dari DV.

Tapi, jangan sampai kebanyakan ya! Kamu cukup mengonsumsi tuna kaleng 6 ons (170g) per minggunya agar tidak memicu penumpukan metilmerkuri. Hindari penumpukan Metilmerkuri, karena bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Ikan tuna segar atau tuna kaleng, keduanya baik untuk tubuh. Karena tuna merupakan sumber terbaik juga untuk niacin, Vitamin K, serta mengandung DHA. 

  • Ikan Sarden

Nah yang satu ini pasti mudah ditemui baik berupa olahan kaleng maupun fresh. Ikan sarden merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik. Satu kaleng ikan sarden (3,8 ons) mengandung 177 IU atau 22% dari DV.

Ikan sarden baik untuk kesehatan tulang dan jantung. 

Kuning Telur

Jika kamu tidak suka atau memiliki alergi seafood, kuning telur dapat menjadi alternatif pilihan. Satu kuning telur khas mengandung 37 IU Vitamin D atau setara 5% dari DV. 

Selain tidak sulit mendapatkannya, penyajiannya juga sangat mudah. Pemilihan telur ayam yang dipasarkan dengan kandungan vitamin D yang tinggi dapat menjadi cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan harian. 

Jamur

Ternyata, tumbuhan ini memiliki kandungan Vitamin D yang bagus lho! Kandungan vitamin pada jamur adalah vitamin D2 yang mampu meningkatkan kadar vitamin D di dalam darah. Rata-rata jamur memiliki kadar 2.300 IU per porsi 3,5 ons (100g) atau setara 30% DV.

Mengapa jamur memiliki kandungan vitamin D tidak seperti tumbuhan lainnya? Sebabnya karena jamur yang tumbuh secara liar dapat mensintesis vitamin ini saat terkena sinar UV dari matahari. Nggak heran, jamur juga masuk dalam kategori tumbuhan yang memiliki nutrisi dan vitamin yang bagus untuk tubuh.

Baca Juga: Di Kala Pandemi, Makan Ikan Bisa Menjaga Imun dalam Tubuh

Nah, berikut adalah beberapa jenis sumber vitamin D alami yang dapat kamu temukan dengan mudah di pasaran. Vitamin jenis ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, maka sangat penting bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan dan orang tua yang berada pada fase tulang yang lemah dan rapuh. 

Rata-rata kebutuhan vitamin anak-anak dan orang dewasa berusia 1-70 tahun sekitar 600 IU per hari, dan dapat berasal dari kombinasi sumber makanan dan sinar matahari. Sementara itu, orang dewasa di atas 70 tahun harus mendapatkan setidaknya 800 IU (20 mcg) per hari.

Jika menyarankan makanan alami terbaik dengan nutrisi lengkap, pastinya bisa kamu temukan di seafood. Dan pastikan kamu mendapatkan seafood segar dengan kualitas terbaik sehingga kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik. Jangan khawatir, kini seafood terbaik bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui toko online Seafood By Aruna. Seafood by Aruna bisa kamu temukan di berbagai commerce favorit pilihan masyarakat Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Food.id, Grab Mart, dll. Jadi tunggu apa lagi saatnya siapkan menu sehat untuk kamu dan keluarga. 

Penting juga untuk diingat bahwa sistem kekebalan tubuh yang sehat tidak akan mencegah seseorang tertular Covid-19. CDC merekomendasikan untuk memakai masker, mencuci tangan dengan benar, menjaga jarak sosial, dan tindakan lain yang diperlukan untuk membantu menghentikan penyebaran virus.

Leave a reply

No comments found.