4 Alasan Prinsip Traceability itu Penting untuk Laut Kita

aruna_admin

August 20, 2021

4 Alasan Mengapa Prinsip Traceability itu Penting untuk Laut Kita

Kalau kita suka makan seafood, pastinya kita perlu tahu seafood yang hadir di meja makan kita itu segar dan sehat. Karena jika tidak, bisa jadi seafood itu justru beracun dan merugikan kesehatan kita. Nah, untuk bisa memastikan seafood kita segar dan sehat, cara yang terbaik adalah melalui pembacaan ketertelusuran, atau penerapan prinsip traceability.

Traceability diartikan sebagai kemampuan secara sistematis untuk menelusuri unit produksi dalam proses perjalanannya yang melibatkan seluruh tahapan termasuk distribusinya dari hulu hingga hilir. Artinya, seluruh unit produksi itu bisa dilacak juga dari sisi penanganan dan perlakuan yang diterimanya sebelum siap dikonsumsi.

Sistematika pelacakan ini bisa diwujudkan melalui beberapa langkah penting seperti pencatatan dan dokumentasi, pembentukan sistem pengiriman yang stabil, pendataan pekerja dan petugas yang terlibat, serta menjaga jalur pasokan sesuai standar.

Inilah Alasan Mengapa Traceability Berperan Sangat Penting

1. Traceability bisa membantu menjaga kesehatan tubuh

Jika kita bisa tahu darimana asal-usul makanan kita, tentu akan lebih mudah untuk menelusuri kandungan gizi yang ada di setiap makanan yang kita santap itu. Tanpa perlu repot mencari tahu lagi, kita sudah punya data yang cukup lengkap.

Di beberapa negara Eropa, standar traceability ini bahkan dibuatkan regulasi yang sangat ketat untuk menghindari adanya kasus penyebaran virus atau penyakit yang menular lewat makanan. Di luar Eropa sendiri, semakin banyak negara-negara yang mulai mengembangkan regulasi ketat juga.

2. Berfungsi sebagai salah satu sumber penelitian penting

Selain bisa tahu lebih jauh tentang kandungan gizi, tentunya dokumentasi perjalanan makanan sangat berguna untuk penelitian lanjutan. Khusus untuk makanan laut (seafood), sedikit celah dalam penanganan atau perawatannya saja bisa menimbulkan bahaya yang sangat besar. Tidak hanya kesehatan, justru alam secara umum bisa terganggu.

Oleh karena itu, penelitian mendalam sangat diperlukan. Selain penelitian medis, teknologi juga menjadi faktor penting karena dengan teknologi yang mumpuni, kita bisa ikut menjaga keseimbangan alam. Nah, untuk mengembangkan teknologi itu diperlukan data-data yang valid dari seafood kita.

3. Mencegah kerusakan lingkungan laut

Seperti telah kita singgung sebelumnya, prinsip traceability bisa membantu menjaga keseimbangan lingkungan jika dijalankan dengan baik. Penelusuran asal-usul hewan laut yang ditangkap bisa memberikan informasi mengenai perikanan secara umum. Kita juga bisa mendapat informasi jika di suatu saat terjadi penangkapan ikan ilegal. Kita juga pasti miris jika mendengar ada ikan yang termasuk spesies yang dilindungi justru ditangkap oleh oknum nelayan yang tidak bertanggung-jawab. 

Selain itu, prinsip traceability yang dijalankan dengan ketat juga mengatur regulasi mengenai alat tangkap yang ramah lingkungan. Dengan begitu, kita bisa ikut mencegah kerusakan laut deh.

Baca Juga: Rajungan, Komoditi Menjanjikan yang Dibawa Aruna ke Amerika Utara

4. Mewujudkan Fair Trade dalam tiap transaksi hasil laut

Di zaman modern, sistem perdagangan yang memenuhi prinsip berkeadilan menjadi sangat penting. Hal ini tentu saja disebabkan oleh semakin terbukanya lalu lintas informasi yang begitu cepat. Persebaran informasi itu memungkinkan kita untuk senantiasa menuntut keadilan dalam transaksi apapun termasuk transaksi komoditas hasil laut.

Prinsip seperti ini dikenal dengan istilah fair trade. Dalam bidang kelautan dan perikanan, fair trade berarti suatu keadaan ketika seluruh pihak yang terlibat dalam transaksi komoditas laut bisa mendapatkan hak dan kewajibannya dengan adil. Di komunitas nelayan, misalnya, kerja keras mereka bisa mendapat imbalan setimpal. Sementara itu bagi pembeli, mereka bisa mendapatkan kualitas hasil laut yang tinggi dan sesuai dengan harga yang mereka bayarkan. 

Ini hanya contoh kecil dari fair trade lho! Di balik itu, perlu kerja keras untuk mewujudkannya dan dengan adanya traceability, maka fair trade akan lebih mudah terwujud. 

Kalau kamu mau menyantap hidangan khas laut Indonesia yang ditangkap dengan prinsip berkeadilan, kamu bisa kunjungi Seafood by Aruna di E-commerce langganan kamu.

Leave a reply

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

No comments found.