5 Manfaat Berikut Ini Akan Membuat Kamu Mengonsumsi Seafood

Nakama Aruna

September 21, 2021

5 MANFAAT BERIKUT INI AKAN MEMBUAT KAMU MENGONSUMSI SEAFOOD

Pada tahu kan kalau Indonesia adalah negara maritim? Ada ribuan pulau yang dikelilingi lautan terbentang dari Sabang sampai Merauke. Hal ini yang membuat Indonesia memiliki makanan laut yang melimpah. Nah, ini juga yang menjadikan seafood sebagai makanan pokok di negara kita. Kita sebagai orang Indonesia patut bersyukur dengan hal tersebut. Kenapa? Karena selain mudah ditemukan, seafood mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut 5 manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi seafood:

Mengurangi Resiko Radang Sendi

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi seafood, terutama ikan dapat mengurangi kekakuan sendi dan membantu meringankan gejala radang sendi. Sumber Vitamin D yang ada pada seafood membantu tubuh menyerap kalsium dan meningkatkan perkembangan tulang pada anak-anak. Jika kamu memiliki riwayat radang sendi, mulai sekarang kamu harus mengonsumsi seafood sebagai menu utama ya.

Meningkatkan Imunitas

Mengonsumsi seafood akan membuat daya tahan tubuh manusia menjadi kuat karena tidak mengandung asam lemak jenuh. Makanan laut juga menjadi sumber pangan untuk menguatkan sistem imun lewat kandungan vitamin A, D, selenium, zinc, dan glutamine. Kandungan lemak omega 3 dari ikan membantu mengurangi risiko inflamasi.

Melindungi Jantung

Ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik, yang sangat penting untuk tubuh dan otak. Penelitian menunjukkan makan satu porsi ikan per minggu bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Selain itu, sebuah penelitian menyebut bahwa makan ikan dua kali seminggu bisa memenuhi sumber protein tanpa lemak. Berarti, makan ikan mampu mengganti daging sapi atau protein hewani lain yang lebih tinggi dalam lemak jenuh. Lemak jenuh adalah salah satu penyebab utama dalam perkembangan penyakit jantung.

Mengurangi Resiko Alzheimer dan Demensia

Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia yang terkait dengan penurunan fungsi otak termasuk kehilangan ingatan dan sulit berkonsentrasi.

Peningkatan asupan ikan dan makanan-makanan lain yang mengandung EPA dan DHA terbukti menurunkan risiko perkembangan demensia dan penyakit Alzheimer.

Menjaga Penglihatan

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di seafood dapat membantu dan mencegah penurunan penglihatan. Hal ini disebutkan oleh studi yang dipublikasikan dalam jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science. Studi tersebut menemukan, degenerasi makula (bagian tengah mata) terkait usia cenderung berkurang pada orang yang rutin mengonsumsi makanan laut. Mengonsumsi minyak ikan juga bisa membuat mata tetap sehat dan cerah.  

Mengonsumsi seafood dalam takaran yang pas, tentu akan memberikan manfaat bagi tubuh kita. Sebaliknya, jika kita tidak mengonsumsi seafood dengan baik dan benar, tentunya akan menyebabkan masalah Kesehatan.
Jika kalian ingin mengonsumsi seafood yang kaya manfaat seperti di atas, kunjungi Seafood by Aruna dan rasakan manfaatnya!

Leave a reply

No comments found.