6 Jenis Mpasi Bernutrisi Tinggi Dari Olahan Ikan

aruna_admin

November 15, 2021

Jenis Mpasi Bernutrisi

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Oleh karena itu banyak orangtua yang memilih ikan sebagai makanan pendamping ASI untuk si buah hati. Untuk para Moms, tidak perlu takut lagi si kecil kekurangan nutrisi karena bisa didapatkan dengan mudah melalui olahan ikan.

Perlu dicatat nih Moms Jenis Mpasi Bernutrisi untuk si kecil dari olahan ikan:

Ikan Kembung

Ikan kembung kaya akan asam lemak omega-3 dan DHA. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya adalah kalsium, fosfor, kalium dan vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oh ya, kandungan asam lemak omega-3 yang ada di ikan ini juga lebih tinggi lho dari ikan salmon.

Lele

Siapa sangka kalau ikan berkumis yang sering kita jumpai di pasar ini ternyata memiliki protein yang tinggi lho. Kandungan protein yang ada di ikan lele bagus untuk perkembangan sel otak dan imunitas si bayi. Tekstur ikan lele juga sangat lembut sehingga sangat mudah untuk dimakan. Asam lemak omega-3 pada ikan lele juga termasuk tinggi lho.

Gabus

Bagi ibu-ibu yang baru saja melahirkan, ikan gabus sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena ada kandungan albumin, sejenis protein tinggi yang baik untuk tubuh. Protein albumin juga bisa mempercepat pertumbuhan sel-sel rusak pada luka, sehingga bisa cepat kering dan sembuh. Manfaat lainnya adalah ikan gabus dapat membangun massa otot. Dengan begitu, bayi akan memiliki otot yang kuat untuk membuatnya bergerak dengan lincah.

Belut

Belut gak cuma dikonsumsi untuk orang dewasa saja, tetapi ada manfaat luar biasa apabila menjadi menu mpasi bayi nih. Dalam setiap 100 gram belut, terdapat banyak sekali kandungan gizinya. Mulai dari kalori senilai 303 kkal, protein 18,4 gram, lemak 27 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 200 miligram, zat besi 20 miligram, dan masih banyak lagi. 

Mengonsumsi belut dapat meningkatkan berat badan, sumber energi, meningkatkan kecerdasan bayi, fungsi mata, pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh dan lainnya. Wow, banyak banget kan? Gak ada salahnya nih kalau belut dijadikan menu untuk mpasi kecil, mom.

Tuna

Tuna tinggi akan kalium dan protein yang berfungsi untuk perkembangan otak bayi, sistem kekebalan tubuh, dan menyeimbangkan kadar hormon tiroid. Protein, vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium, seng, selenium, dan kolin juga terkandung dalam ikan ini. Selain itu, ikan ini juga merupakan sumber asam lemak omega-3.

Padatnya nutrisi yang ada pada ikan tuna membuat ikan ini memiliki segudang manfaat. Mulai dari mencegah anemia, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, membentuk perkembangan otak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ikan tuna juga cukup populer dan mudah ditemukan di pasaran. 

Nila

Ikan nila memang tak memiliki omega-3 sebanyak ikan lainnya, namun beda cerita dengan ikan nila merah ni. Ikan ini mengandung selenium, fosforn, dan fosfor yang bermanfaat untuk perkembangan sel otak, jaringan, dan gigi pada bayi. Vitamin B12 yang ada di nila merah juga bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

Baca Juga: Wow, Lobster dan Dori Seafood Laris di Seafood by Aruna

Gimana moms? Gak perlu ragu lagi ya untuk menjadikan ikan sebagai jenis Mpasi bernutrisi untuk si kecil tersayang nih. Karena berbagai nutrisi yang ada pada ikan-ikan ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Namun, ibu-ibu juga harus memperhatikan kondisi ikan yang segar dan diolah dengan benar ya.

Jika berbicara tentang kualitas ikan & seafood terbaik, Moms bisa mengunjungi toko online Seafood By Aruna. Tidak hanya menawarkan produk terbaik, tapi Moms juga bisa order & pesanan akan sampai di depan rumah. Jadi tidak perlu repot walau harus menjaga si kecil di rumah tetap bisa menikmati ikan dengan berkualitas baik. Pesan sekarang melalui e-commerce favoritmu. Dan kini sedang ada promo menarik loh, cek sekarang juga!

Leave a reply

No comments found.