Terapkan Sustainability, Jadi Generasi yang Futuristik

Nakama Aruna

January 10, 2022

penerapan sustainability

Alasan mengapa konsep sustainability ini penting buat kita

Sustainability adalah sebuah istilah yang sudah tak lagi asing di telinga kita. Bahkan, produk yang berlabel sustainability pun dinilai memiliki poin ekstra. Namun, apa, sih, yang sebenarnya dimaksud dengan sustainability? Apakah terminologi sustainability hanya bersifat parsial pada aktivitas lingkungan saja? Untuk mengetahui makna, cakupan, manfaat, dan langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menerapkan konsep sustainability, keep scrolling artikel di bawah ini, ya!

1. Konsep sustainability memikirkan generasi masa depan

Sustainability atau berkelanjutan. Secara umum, sustainability berarti memenuhi kebutuhan yang ada saat ini dengan menggunakan metode yang berdampak positif bagi harmoni manusia dan bumi. Tidak mengorbankan kebutuhan dari generasi mendatang, sustainability tentu berdampak baik bagi lingkungan, sekaligus memberi manfaat bagi manusia untuk waktu yang berkesinambungan.
Konsep sustainability sendiri memiliki tiga cakupan kerangka waktu, yaitu memperbaiki kesalahan yang telah terjadi pada masa lalu, meminimalkan atau bahkan menghilangkan masalah yang ada pada saat ini, dan membangun legasi atau warisan untuk generasi selanjutnya. Dengan kata lain, sumber daya, terutama yang bersifat terbatas, harus digunakan secara konservatif agar kebutuhan di masa depan tetap terpenuhi. Dengan demikian, kita sudah memilih kehidupan yang baik dan layak huni untuk anak cucu kita kelak, lho.

Baca juga : Asal Mula Penerapan prinsip Traceability

2. Penerapan Sustainability Menciptakan keselarasan yang produktif

Sustainability menciptakan dan mempertahankan kondisi-kondisi di mana manusia dan alam dapat berada di dalam keselarasan yang produktif, baik secara sosial, ekonomi, maupun yang lain. Artinya, inisiatif sustainability juga dapat berkontribusi pada kesuksesan sebuah organisasi tertentu secara keseluruhan. Kok bisa? Tentu saja! Konsep ini menjamin adanya pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan, serta pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang juga mendorong lahirnya industrialisasi yang bersifat inklusif.
Jadi, tidak melulu tentang alam, penerapan sustainability juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya pengentasan kemiskinan dan pemerataan pembangunan. Produsen memang harus meningkatkan performa dan nilai produk, namun sumber daya yang mencangkup finansial, bahan baku, tenaga kerja, energi, dan yang lain, pun harus disupervisi sampai keduanya mencapai titik yang ideal.

3. Do it one step at a time

Dilihat dari kacamata bisnis, penerapan konsep sustainability tak hanya berpotensi untuk meningkatkan nilai ekonomi saja, tetapi juga nilai sosial perusahaan. Pada implementasinya, konsep sustainability juga harus diikuti dengan adanya keseimbangan antara penggunaan sumber daya dan nilai produk yang ditawarkan ke konsumen. Dengan demikian, hal ini akan melindungi setiap elemen yang ada pada ekosistem bisnis, sehingga dapat menciptakan narasi yang baik untuk perusahaan.
Mengingat pentingnya sustainability untuk kehidupan yang akan datang, sebagai seorang individu, kita dapat memulainya dengan melakukan beberapa langkah sederhana, lho. Mulai dari menghemat listrik, menggunakan transportasi umum, hingga memilih produk makanan yang berkelanjutan, seperti Seafood by Aruna, sebagai brand yang berkomitmen penuh untuk memelihara prinsip sustainability di setiap hasil tangkapannya. Yuk, bangun kesadaran tentang konsep sustainability bersama! Do it one step at a time.

Leave a reply

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

No comments found.