Ramaikan TEI 2023, Aruna Targetkan Perluasan Market Varian Produk Perikanan Indonesia

Marco

20 Oktober 2023

Trade Expo Indonesia (TEI)

Jakarta, Indonesia – Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) tahun ini dengan tema Sustainable Trade For Global Economic Resilience yang diselenggarakan pada 18 – 22 Oktober 2023 di ICE BSD, Tangerang – Banten. 

Mengutip info dari Kemendag bahwa TEI tahun ini menargetkan nilai transaksi sebesar USD 11 miliar atau sekitar Rp171,73 triliun yang dimana lebih rendah dari tahun 2022 lalu. Target ini ditetapkan dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi dunia yang sedang masuk dalam fase pemulihan pasca Covid-19. Maka, pemerintah mendorong para pelaku industri khususnya ekspor untuk dapat berpartisipasi dalam ajang ini.

Aruna sebagai integrated fisheries commerce & supply chain aggregator perikanan asal Indonesia turut serta dalam ajang TEI 2023 ini. Aruna menilai, TEI menjadi gerbang pembuka bagi perusahaan untuk mempromosikan produk tangkapan nelayan lokal Indonesia di tingkat nasional hingga internasional. Serta, Tema TEI tahun ini juga selaras dengan prinsip bisnis  Aruna yang mengedepankan sustainability fisheries dalam bisnisnya. “Aruna menerapkan sustainable bisnis, kami juga memiliki alat untuk dapat melacak asal usul produk kami mulai dari tangkapan hingga sampai di tangan konsumen. Kami sangat mengedepankan traceability produk dalam menjalankan bisnis di Aruna. Saat ini kami juga tengah fokus menjajaki sertifikat MSC yang merupakan sertifikat bergengsi di industri ini”, ujar Utari Octavianty, CoFounder & Chief Sustainability Officer Aruna.

Di sela-sela pameran berlangsung, Aruna menjajaki beberapa potential buyer yang tertarik dengan produk perikanan lokal Indonesia seperti komoditas rajungan, tuna, tongkol, cakalang, lobster dan lainnya. Menurut Utari Octavianty, CoFounder & Chief Sustainability Officer Aruna, “TEI adalah event yang bagus karena secara langsung mempertemukan pelaku bisnis dengan calon buyer sehingga komunikasi terbangun, dapat saling tukar informasi terkait dengan kebutuhan mereka, ini dapat menjadi awalan yang baik untuk menjajaki bisnis kami kedepannya.”.

Aruna menargetkan di ajang TEI 2023 dapat membuka market baru untuk varian komoditas produk perikanan asal Indonesia yang lebih beragam dan juga dapat menyasar negara-negara South East Asia dan Eropa. Aruna berharap, melalui TEI 2023 dapat menarik minat calon potential buyer baru dari seluruh dunia sehingga produk nelayan Indonesia semakin dikenal dan mendunia.

Leave a reply

Array

No comments found.