Luasnya Jaringan Suplai Menjadi Kekuatan Aruna dalam Industri Perikanan

Marco

25 September 2024

suplai aruna comdev

Aruna telah memantapkan posisinya sebagai salah satu perusahaan perikanan terintegrasi terbesar di Indonesia. Sepanjang delapan tahun perjalanannya, Aruna telah memberikan kontribusi besar terhadap kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir di seluruh Indonesia.

Dedikasi dan konsistensi Aruna dalam membangun serta mengembangkan sektor perikanan dan kelautan Indonesia telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Hal ini menjadi bukti komitmen Aruna dalam memajukan industri perikanan nasional.

Jaringan Suplai Aruna dalam Memenuhi Permintaan Seafood

Pasar makanan laut global diprediksi akan mengalami pertumbuhan pesat sebesar 8,92%. Hal ini membuka peluang besar bagi industri dan pelaku usaha perikanan untuk meningkatkan pangsa pasar. Dengan optimisme tinggi, Aruna siap menyambut peluang ini dengan memperluas variasi produk seafood yang ditawarkan guna memenuhi permintaan global yang terus meningkat.

Didukung oleh lebih dari 55.000 nelayan dan 150 titik pasok yang tersebar di seluruh Indonesia, Aruna memiliki kekuatan untuk menjangkau pasar global dan domestik. Dengan banyaknya titik pasok yang kami miliki, jaringan suplai yang luas menjadi salah satu faktor utama yang memungkinkan Aruna menyediakan berbagai jenis seafood premium, seperti tuna, kepiting, lobster, dan produk seafood lainnya.

Tidak hanya fokus pada pasar domestik, kami juga secara aktif memperluas jangkauan ke pasar global, termasuk Jepang, dan Timur Tengah. Kami berupaya memenuhi permintaan seafood di berbagai negara dengan menawarkan produk dan layanan berkualitas tinggi.

Co-Founder dan CEO Aruna, Farid Naufal Aslam, menjelaskan bahwa Aruna meyakini dapat menciptakan peluang yang lebih besar di pasar global untuk produk seafood lokal. “Hal ini dibuktikan dengan kuatnya layanan kami, di mana kami sudah menjangkau 90% provinsi di Indonesia.” Aruna berharap masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat menikmati kesegaran dan kualitas seafood terbaik dari Indonesia.

Pemanfaatan Teknologi untuk Keberhasilan yang Berkelanjutan

Kami memahami bahwa di era modern ini, teknologi memainkan peran penting dalam menunjang keberhasilan industri perikanan. Oleh karena itu, Aruna terus melakukan inovasi dalam memanfaatkan teknologi digital dan pengelolaan data, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional bisnis.

Salah satu contoh komitmen Aruna terhadap teknologi tertuang dalam SEA for All Commitment 2030. Komitmen ini mencakup penerapan keterlacakan makanan laut untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam rantai pasokan.

Untuk menjalankannya, kami mengembangkan teknologi pemantauan lokasi area penangkapan komoditas dan menerapkan kalender musiman untuk mengidentifikasi tren waktu panen seafood. Dengan sistem ini, Aruna dapat memastikan keberlanjutan sumber daya laut dan meningkatkan kesejahteraan para nelayan binaan, yang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kekuatan Community Development

Farid menambahkan bahwa teknologi yang Aruna kembangkan harus banyak diawali dengan pengembangan komunitas pesisir yang konsisten, serius, dan berdampak. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan komunitas pesisir untuk menerima segala inovasi dan tatanan baru yang Aruna inisiasi. Pendekatan secara humanis dan ramah menjadi tolok ukur utama yang menentukan tingkat kepercayaan nelayan dan keluarganya pada Aruna.

Di usianya yang kedelapan, Aruna terus menunjukkan komitmennya untuk memajukan industri perikanan Indonesia melalui berbagai terobosan dan inovasi. Perluasan pasar, pemanfaatan teknologi, perluasan jaringan suplai, dan pengembangan produk berkualitas tinggi yang berkelanjutan menjadi kunci dalam mewujudkan visi Aruna untuk menjadi pemimpin pasar seafood global.

Leave a reply

Array

No comments found.