Peringati Hari Nelayan, Aruna juga Rayakan Hari Jadi Seafood by Aruna yang ke-3

Nakama Aruna

6 April 2023

aruna peringati hari nelayan

Pada 6 Juni 2023, Aruna merayakan Hari Nelayan Nasional sekaligus hari kelahiran Seafood by Aruna yang ke-3. Melalui gerakan #RevolusiProtein, Aruna tak hanya berfokus untuk menyejahterakan 40.000 Nelayan Aruna yang terdaftar, tetapi juga untuk memberikan asupan protein yang bersumber dari ikan laut untuk konsumen di Indonesia. Hari ini menjadi momen untuk mengapresiasi Nelayan Aruna dan mengingat bagaimana awal mula Aruna mencetuskan Seafood by Aruna. 

1. Seafood by Aruna lahir saat COVID-19

Di tengah tantangan yang terjadi akibat COVID-19, Aruna dituntut untuk berpikir beberapa langkah lebih jauh. Demi menjamin permintaan dan ketersediaan pasar yang berkelanjutan bagi para nelayan, Aruna pun mulai menginisiasi dan menjalankan Seafood by Aruna. Berfokus pada pasar domestik, kelahiran Seafood by Aruna ini juga ditujukan untuk memenuhi protein masyarakat Indonesia yang pun dapat menjaga imun tubuh mereka dari serangan COVID-19 kala itu. 

2. Produk seafood pilihan pasar lokal dan global

Sebanyak 40% dari keseluruhan pasar yang Aruna miliki adalah pasar domestik. Adapun, salah satu faktor yang membuat Aruna berhasil mempertahankan pangsa fisheries supply—tak hanya di pasar domestik, tetapi juga pasar global—adalah karena komitmen dan tanggung jawab Aruna untuk memberikan produk seafood pilihan. Melalui teknologi, aspek traceability, sustainable fisheries, dan Good Manufacturing Practices (GMP) adalah beberapa hal yang Aruna ingin jamin. 

3. Nelayan skala kecil harus diperhatikan

Utari Octavianty, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, mengatakan, “Hingga saat ini, Aruna telah menghasilkan  lebih dari 23 komoditas produk perikanan unggulan dengan kualitas internasional yang juga mengisi pasar perikanan domestik. Terutama untuk konsumen ritel lokal, produk-produk unggulan Aruna dapat diperoleh dengan membelinya di e-commerce Seafood by Aruna.”

Pemerintah sendiri juga telah mengambil langkah untuk melakukan hilirisasi pada produk perikanan demi kemajuan perekonomian sektor kelautan dan perikanan. Utari menyambung, “Adanya ketentuan ini justru mendorong kita untuk menjadi sumber informasi bagi pemerintah mengenai betapa fundamentalnya peran nelayan skala kecil. Dengan demikian, meski proses hilirisasi telah dimulai, nelayan skala kecil tetap tak lepas dari perhatian kita. Selamat Hari Nelayan dan semoga Seafood by Aruna bisa berlayar semakin jauh!”

Leave a reply

Array

No comments found.