Diundang KKP, Aruna Suarakan Semangat Kolaborasi di Fisheries Millennial dan Startup Expo 2022

Nakama Aruna

May 31, 2022

Fisheries Millennial dan Startup 2021

Jakarta,Indonesia – Pada 30 dan 31 Mei 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengadakan Fisheries Millennial dan Startup Expo 2022 di Gedung Mina Bahari III KKP. Sederet startup yang bergerak di bidang agrikultur diundang untuk berpartisipasi dalam acara ini, termasuk Aruna, perusahaan supply chain aggregator perikanan asal Indonesia yang berkomitmen untuk meringkas rantai pasok produk perikanan dengan menghubungkan nelayan skala kecil ke pasar global melalui teknologi.

Acara yang diinisiasi oleh KKP tersebut dilaksanakan untuk mengapresiasi peran startup di Indonesia dalam menyokong kestabilan perekonomian negara, terutama sejak pandemi Covid-19 berlangsung di dunia. Secara lebih spesifik, kontribusi startup yang bergerak di bidang perikanan pun mendorong mata rantai sistem produksi perikanan yang jauh lebih efektif dan efisien. Aruna sebagai startup perikanan bahkan dapat mengalami 86x peningkatan pendapatan di masa sulit tersebut. 

Catur Sarwanto, Direktur Usaha dan Investasi Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, mengatakan, “Kehadiran Millennial dan Gen Z yang bergabung di sejumlah startup perikanan di Indonesia tengah menjadi pusat perhatian. Kontribusi mereka dalam mendorong nilai tambah ekonomi bagi para pelaku di industri tersebut adalah hal yang patut diapresiasi. Bukan hanya menyangga ‘hidup’ pasar melalui jejaring pasar daring, tapi juga melalui edukasi untuk mendorong kualitas, ketelusuran, dan efisiensi supply chain produk.”

Utari Octavianty, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, menyatakan, “Potensi laut Indonesia begitu luar biasa. Bila bukan anak muda Indonesia yang rawat dan optimalkan, lalu siapa lagi? Kini, startup perikanan di Indonesia pun sudah semakin banyak. Kita bekerja sama, saling bahu-membahu untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat ekonomi maritim dunia pada tahun 2045 kelak. Sebagai salah satu startup perikanan di Indonesia, Aruna ingin menegaskan bahwa kolaborasi adalah apa yang kita semua butuhkan saat ini.”

Acara Fisheries Millennial dan Startup Expo 2022 ini menandai komitmen pemerintah untuk mendukung inisiatif baik startup di dalam negeri, khususnya mereka yang bergerak di bidang agrikultur. Pada penghujung acara tersebut, Machmud, Direktur Pemasaran PDSPKP menambahkan, “Potensi sektor kelautan dan perikanan ini sangat luas. Tak heran bila kita perlu fokus yang tinggi dan konsisten untuk dapat menggarapnya secara optimal. Dengan diadakannya Fisheries Millennial dan Startup Expo 2022 ini, KKP menyatakan antusiasmenya dalam mendukung inisiatif startup Indonesia untuk mendobrak tatanan lama ke arah yang lebih baik.”

Leave a reply

No comments found.