Setahun Setelah Pandemi, Bagaimana Kondisi Aruna?

aruna_admin

February 19, 2021

Protokol Kesehatan Nelayan Aruna

Pandemi Covid-19 memberikan tantangan yang amat berat bagi dunia usaha. Setengah dari 3.3 miliar pekerja di dunia menghadapi risiko kekurangan uang dan atau kehilangan pekerjaan dalam berbagai tingkatannya. Sektor ekonomi informal juga terpukul hebat.

Di sisi lainnya, pandemi menyebabkan lonjakan permintaan pada ekspor seafood. Secara tren global, ada kenaikan minat terhadap seafood, seperti yang dilansir dari Global Aquaculture Alliance (GAA). Lebih dari 20,000 nelayan yang terdaftar di Aruna menggantungkan hidupnya pada penjualan ikan kepada Aruna. Dengan adanya lonjakan permintaan akan seafood, penghasilan nelayan masih aman dalam safety net, walaupun mayoritas nelayan bekerja dalam sektor informal.

Melonjaknya permintaan akan seafood disebabkan oleh meningkatnya tren memasak di rumah. Tak heran, makanan laut diketahui kaya akan nutrisi yang tidak dimiliki hewan yang hidup di darat. Selain mengandung protein, vitamin, dan mineral, makanan laut mengandung asam lemak omega-3, khususnya asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexsaenoic (DHA) yang bermanfaat bagi tubuh. Di Indonesia, tren mengonsumsi seafood juga meningkat apalagi dengan anjuran Presiden Jokowi di awal pandemi untuk meningkatkan imun dengan makan ikan.

Lonjakan permintaan seafood secara global ini mendorong revenue dari Aruna hingga tumbuh sebanyak 86 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2019, dan di tahun 2020 lalu Aruna juga membukukan pendanaan baru senilai 5,5 juta dolar AS.

Untuk memenuhi permintaan pasar ini, di tahun 2020 lalu Aruna juga membuka 2 international point baru yang berlokasi di Surabaya dan Semarang. untuk pengiriman ke luar negeri. Aruna juga terus mendorong produktivitas nelayan dengan menggalakkan program GAHAR (Gelombang Hadiah Aruna). Program GAHAR yang berskema “point and reward” ini memberikan insentif khusus bagi para nelayan yang dapat memenuhi target.

Di tahun 2020, tren pencarian seafood di mesin pencari tentang “jual ikan terdekat”, oleh karena itu lah Aruna meluncurkan toko retail online pertamanya bernama Seafood By Aruna. Di toko ini, pembeli bisa membeli seafood yang ready-to-cook karena telah dibersihkan dan dipotong-potong. Menariknya, Seafood By Aruna menyediakan lobster dengan harga yang terjangkau, satu kilonya dibanderol mulai dari seratus tujuh puluh ribuan saja.

Di tahun 2021 ini, Aruna merencanakan ekspansi ke beberapa aspek, dari jumlah dan penyebaran komunitas nelayan. Selain itu, kami juga berencana melakukan ekspansi pasar ke lebih banyak pembeli di Asia Timur, Timur Tengah, Asia Tenggara, Amerika Utara.

Leave a reply

No comments found.