Aruna Inisiasi Program Menabung bagi Nelayan dan Masyarakat Pesisir

Nakama Aruna

30 Januari 2024

Aruna Inisiasi Program Menabung bagi Nelayan dan Masyarakat Pesisir

Sebagai perusahaan perikanan yang berfokus pada pemberdayaan nelayan lokal, Aruna memiliki berbagai program edukasi bagi masyarakat pesisir. Program edukasi bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat pesisir, terutama mengenai teknologi perikanan dan keberlanjutan ekosistem laut.

Selain itu, Aruna juga menginisiasi program menabung khusus bagi nelayan dan masyarakat pesisir yang tergabung dalam ekosistem bisnis Aruna. Dengan adanya program ini, Aruna berharap dapat membantu masyarakat pesisir dalam mengelola keuangan.

Seperti apa program menabung yang diinisiasi oleh Aruna dan apa saja dampaknya bagi masyarakat pesisir?

Mengapa Program Menabung Ini Sangat Penting?

Program menabung bagi nelayan dan masyarakat pesisir dilakukan untuk membentuk dana darurat. Dana darurat ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti perbaikan mesin kapal atau alat tangkap ikan, kebutuhan rumah tangga yang tidak terduga, serta biaya pengobatan jika sakit atau kecelakaan saat bekerja.

Community Development Kalimantan Timur, Yanuardi Septian, menjelaskan, “Kebetulan masyarakat di sini sudah lebih dulu melihat sejumlah kejadian yang mau tak mau memaksa mereka untuk memiliki dana darurat.”

Sebelumnya, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat pesisir seringkali bingung harus meminta bantuan kepada siapa. Dengan adanya tabungan, maka masyarakat pesisir memiliki cadangan dana yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Bagaimana Program Menabung Aruna Berjalan?

Program menabung ini dilakukan secara kolektif dan dilaksanakan setiap dua minggu sekali. Para anggota berkumpul dan menyetorkan uang tunai kepada bendahara. Kemudian, bendahara akan mengumpulkan dan menyimpan seluruh uang tunai dalam rekening bank milik koperasi Aruna.

Seperti yang dilakukan oleh komunitas pesisir di Tanjung Batu, Berau, Kalimantan Timur dengan Pak Moko, Nelayan Aruna 001, yang bertugas sebagai bendahara. Setelah uang terkumpul, Pak Moko akan melakukan validasi keuangan melalui grup WhatsApp yang beranggotakan para nelayan dan ibu picker.

Masyarakat pesisir di Tanjung Batu telah menabung secara rutin sejak Agustus 2021. Melalui program menabung Aruna, masyarakat pesisir dapat menabung dengan mudah dan aman. Salah satu nelayan di Tanjung Batu, Pak Jusman, mengatakan, “Kalau di suatu saat nanti ada keperluan mendadak, ini uang bisa diambil sewaktu-waktu, kok.”

Apa Manfaat Program Menabung Aruna?

Program menabung Aruna memberikan berbagai manfaat bagi nelayan dan masyarakat pesisir. Selain dapat membantu dalam mengelola keuangan, program ini juga memberikan peluang bagi masyarakat untuk menabung dengan tujuan yang lebih spesifik, seperti dana pensiun atau dana pendidikan anak. Dengan demikian, masyarakat pesisir dapat merencanakan masa depan dengan lebih matang.

Aruna berharap program menabung ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi nelayan dan masyarakat pesisir. Partisipasi aktif, transparansi, dan pengelolaan dana yang baik dibutuhkan untuk memastikan keberlanjutan program menabung ini.

Program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat pesisir. Tidak hanya menyediakan sarana untuk menabung, tetapi juga memberikan wawasan dan keterampilan dalam mengelola keuangan dengan bijak dan bertanggung jawab. Aruna akan terus melakukan pendampingan agar program ini dapat terlaksana dengan baik.

Aruna turut bangga kepada masyarakat pesisir yang tergabung dalam komunitas Aruna. Menabung adalah kebiasaan baik yang harus dipertahankan. Aruna akan terus berfokus kepada kesejahteraan masyarakat pesisir melalui berbagai program pemberdayaan. Dengan begitu, sektor perikanan dan kelautan akan terus berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Leave a reply

No comments found.