Bersama Yayasan Maritim, Aruna Bangkitkan Semangat Belajar Anak-anak Pesisir

Marco

2 Oktober 2024

kolaborasi yayasan maritim dan aruna, sustainable fisheries

Aruna menjalin kolaborasi dengan Yayasan Maritim dalam program donasi buku dan peralatan sekolah bagi anak-anak di wilayah pesisir. Dalam program ini, kami telah berhasil menjangkau lebih dari 500 anak pesisir yang tersebar di belasan titik operasional Aruna di seluruh pelosok negeri.

Program donasi dilaksanakan secara reguler sebagai bentuk komitmen Aruna untuk meningkatkan literasi anak-anak pesisir sekaligus mempersiapkan anak-anak pesisir dalam membangun masa depan industri perikanan yang berkelanjutan. Harapannya, program ini mampu membuka peluang bagi anak-anak pesisir agar mencapai masa depan yang lebih cerah.

Meningkatkan Literasi Anak-anak Pesisir

Akses terhadap pendidikan dan buku masih menjadi tantangan bagi anak-anak pesisir di Indonesia. Di Papua, misalnya, hanya 36,1% siswa kelas 3 SD yang memiliki keterampilan literasi yang memadai. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak anak pesisir yang membutuhkan bantuan untuk meningkatkan kemampuan literasinya.

Aruna memahami pentingnya literasi bagi anak-anak pesisir. Maka dari itu, kami memberikan perhatian besar pada program peningkatan minat baca pada anak. Melalui donasi buku-buku pengetahuan umum, agama, dan fiksi, kami berharap dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap buku dan mendorong anak-anak pesisir untuk terus belajar dan mengeksplorasi berbagai hal baru.

Saat ini, Aruna dan Yayasan Maritim telah melaksanakan program donasi di Aceh, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua. Kami berencana untuk melanjutkan program ini di titik-titik operasional Aruna lainnya.

Mempersiapkan Masa Depan Industri Perikanan yang Berkelanjutan

Dengan literasi yang baik, anak-anak pesisir akan menjadi penerus yang cakap dalam memajukan industri perikanan. Anak-anak pesisir dapat menjadi nelayan dan pelaku usaha perikanan profesional yang memahami konsep-konsep kelautan dan perikanan, serta memiliki keterampilan yang memadai. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian pesisir.

Komitmen Aruna untuk Pendidikan Anak-anak Pesisir

Utari Octavianty, Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, mengungkapkan bahwa pemahaman akan konsep keberlanjutan dan aspek praktikal terkait harus dimulai dengan kemampuan literasi yang baik. Dengan dukungan sederhana dari Aruna, diharapkan dapat membangkitkan semangat anak-anak pesisir dalam belajar.

Ke depan, akan tiba saatnya bagi anak-anak pesisir untuk mengambil alih peran-peran penting dalam industri perikanan. Oleh karena itu, perlu dilakukan persiapan yang matang agar anak-anak pesisir dapat mengelola laut Indonesia dengan jauh lebih baik di masa mendatang.

“Jika bukan anak-anak pesisir, siapa yang akan olah laut kita di masa mendatang?” tegas Utari.

Leave a reply

Array

No comments found.