Astra dan Aruna Lakukan Pelepasan Kontainer Produk Perikanan Hasil Tangkapan Nelayan Lokal

Nakama Aruna

14 Juli 2023

Astra dan Aruna Lakukan Pelepasan Kontainer Produk Perikanan Hasil Tangkapan Nelayan Lokal

Jawa Timur, Indonesia – PT Astra International Tbk bersama Aruna melakukan pelepasan kontainer produk perikanan hasil tangkapan nelayan Desa Sejahtera Astra (DSA) wilayah Bangkalan, Jawa Timur yang dibina oleh Aruna melalui Yayasan Maritim Nusantara Lestari. Kontainer yang berisikan 20 ton ragam komoditas produk perikanan seperti kepiting rajungan, tuna tongkol cakalang (TTC), ikan pelagis, ikan demersal dan lainnya diperuntukkan bagi industri pengolahan produk perikanan di Indonesia. 

Pelepasan kontainer ini merupakan inisiasi bersama untuk mendukung hilirisasi produk perikanan Indonesia yang nantinya akan menjangkau seluruh provinsi mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Aruna sebagai fasilitator DSA yang mengintegrasikan supply chain produk perikanan untuk menyalurkan produk hasil tangkapan nelayan DSA sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri pengolahan produk perikanan. 

Susi Susanto, Vice President of Community Development Aruna menyebutkan “kita semua pasti tahu, komoditas laut Indonesia tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, dunia telah mengakui hasil laut kita. Melalui kegiatan ini, Aruna berharap dapat mendukung dan akselerasi kebutuhan industri ini khususnya untuk produk perikanan, baik untuk diolah kembali serta diserap oleh pasar global. Di sisi lain, kami sebagai perusahaan supply chain akan membantu untuk menyalurkan tangkapan nelayan lokal ke market.” 

Simbolis pelepasan kontainer dilakukan oleh  Dewi Paramita – Program Manager CSR PT Astra International Tbk dan Susi Susanto – Vice President of Community Development Aruna, didampingi oleh perwakilan dari beberapa kementerian yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan – Budi Sulistyo, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan,  Kemenko Perekonomian – Chairul Saleh, Plt. Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan, serta perwakilan staf dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi dan Kementerian Desa PDTT.

Disaksikan juga oleh perwakilan dari pemerintah provinsi Jawa Timur – Staf Ahli Gubernur bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan.

Selain itu, sinergi bersama PT Astra International Tbk dalam program DSA khususnya untuk pemberdayaan masyarakat bagi komunitas nelayan dan masyarakat pesisir. Adapun bentuk bantuan yang diberikan DSA yakni fokus pada peningkatan produktivitas nelayan lewat bantuan modal usaha berupa alat tangkap yang ramah lingkungan dan edukasi standarisasi produk perikanan, sehingga mampu menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah dan memiliki daya jual tinggi untuk pasar domestik dan global.

“Kerjasama ini bentuk kolaborasi sukses antara Yayasan Maritim dengan DSA dalam mengembangkan potensi lokal secara khusus di sektor perikanan ini. Saya harap program-program seperti ini dapat terus terjalin dan menyasar lebih banyak lagi pelosok desa di Indonesia agar semakin banyak masyarakat yang sejahtera serta semakin banyak pula hasil potensi laut Indonesia yang semakin terserap dan semoga juga dapat mendunia,” ungkap  Dewi Paramita – Program Manager CSR PT Astra International Tbk.

Hingga saat ini, Aruna telah berhasil mengantongi 2 rekor MURI sekaligus untuk sektor perikanan Indonesia. April 2023 kemarin, Aruna berhasil memecahkan rekor pada kategori “Edukasi Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan secara Hybrid kepada Nelayan Terbanyak”.  Serta, awal Juni 2023 kembali MURI memberikan apresiasi rekor dunia untuk kategori “Kreasi Menu Nusantara, Sajian Menu Masakan Berbahan Rajungan dengan Varian Terbanyak”

Leave a reply

No comments found.