Produk Perikanan Nelayan Aruna Sudah Jadi Produk Seafood Primadona di Amerika!
Jakarta, Indonesia – Seafood Expo North America (SENA) adalah pameran seafood terbesar di Amerika Utara. Ribuan pembeli dan pemasok dari seluruh dunia menghadiri pameran tahunan selama tiga hari untuk bertemu, menjalin jaringan, dan berbisnis. Amerika Utara sendiri merupakan salah satu negara besar yang aktif mengimpor produk seafood dari seluruh dunia. Aruna Crab, produk rajungan premium yang dibuat dengan mengikuti standar keberlanjutan global oleh Aruna, adalah produk yang pun menjadi primadona bagi banyak pembeli di sana.
Aruna telah merambah pasar Amerika Utara sejak 2017 silam dan masih bertahan hingga hari ini. Komitmen Aruna untuk memberikan produk seafood pilihan dan bertanggung jawab adalah salah satu faktor yang memengaruhi adanya permintaan yang berulang dari pasar di Amerika Utara. Konsumen di mancanegara memang sudah sangat menyadari tentang pentingnya aspek traceability, sustainable fisheries, dan Good Manufacturing Practices dari setiap produk perikanan yang mereka beli dan konsumsi. Memenuhi beberapa faktor fundamental tersebut, Aruna Crab menjadi pilihan unggul di sejumlah horeca di Amerika Utara.
Pemerintah Indonesia sendiri, khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tengah gencar mendorong pelaku industri untuk melakukan ekspor komoditas produk perikanan. Adapun, 5 komoditas produk perikanan yang ditargetkan pemerintah dapat mendunia yakni udang, lobster, kepiting, rumput laut, dan tilapia. Aruna selaku integrated fisheries commerce dan supply chain aggregator asal Indonesia turut membantu pemerintah meramaikan pasar ekspor. 3 komoditas dari target pemerintah tersebut, seperti kepiting, udang, dan ikan telah dipasarkan Aruna ke pasar internasional, khususnya Amerika.
“Produk Aruna sudah lama ada di market internasional, tentunya dengan fokus komoditas yang berbeda tiap negara. Contohnya, rajungan Aruna yang telah diakui kualitasnya oleh masyarakat Amerika dan kami selalu memenuhi permintaan mereka akan ini. Menyusul beberapa komoditas unggulan kami lainnya yang tak kalah digemari oleh masyarakat internasional juga,” ujar Utari Octavianty-CoFounder dan Chief Sustainability Officer Aruna. Saat ini, Aruna telah memiliki lebih dari 23 komoditas produk perikanan unggulan dengan kualitas internasional. Seluruh produk Aruna dapat dilihat di e-commerce Seafood by Aruna agar konsumen lokal maupun internasional dapat membeli produk unggulan Aruna.
Kini, Aruna telah tumbuh bersama 40.000 Nelayan Aruna dan 500 perempuan pesisir dalam menghasilkan produk perikanan yang telah memenuhi Global Standard Food Safety dengan penilaian tertinggi hingga layak untuk dipasarkan di pasar internasional. Dengan ini, Aruna semakin optimis membantu pemerintah melakukan hilirisasi produk perikanan di Indonesia agar mendunia.
Leave a reply
No comments found.