Di tengah era digital dan literasi teknologi yang berkembang pesat seperti sekarang ini, berbagai upaya untuk melestarikan perikanan dan kelautan Indonesia pun semakin mudah diserukan. Di tengah antusiasme masyarakat terhadap platform digital, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) mengadakan “Pameran dan Temu Bisnis (Business Matching) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”. Melalui acara ini, Aruna, sebagai startup perikanan dan kelautan di Indonesia, mengambil kesempatan untuk berpartisipasi dan lebih demi terciptanya sustainable fisheries di laut Indonesia.
Memangnya, apa saja, sih, detail acara “Pameran dan Temu Bisnis (Business Matching) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”? Selain dapat menyaksikan berbagai upaya pemerintah dalam menstimulasi jumlah pelaku koperasi dan usaha lokal, kita juga bisa berkenalan dengan ArunaVerse (Aruna Metaverse), salah satu upaya yang Aruna lakukan untuk mewujudkan masa depan laut Indonesia yang lebih cerah.
1. Sinergi Aruna dengan pemerintah
Menyasar pelaku koperasi, serta UMKM dan industri terkait, acara “Pameran dan Temu Bisnis (Business Matching) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” merupakan inisiasi pemerintah dalam mendorong produksi inovatif dan menggalakan belanja produk lokal. Digawangi oleh Kementerian Koperasi dan UKM, acara ini menjadi momen yang tepat untuk saling bersinergi dalam mencapai manfaat komunal demi kemajuan produk lokal Indonesia. Acara yang juga berfokus pada perluasan akses pasar koperasi dan UMKM ini diselenggarakan dari tanggal 11 hingga 21 April 2022 di Smesco Exhibition Hall, Jakarta.
Di acara “Pameran dan Temu Bisnis (Business Matching) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”, Aruna mengambil peran aktif untuk berpartisipasi dalam pagelaran ekonomi kreatif ini sebagai Mitra Startup Binaan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kali ini, Aruna ingin menghadirkan pendekatan yang berbeda melalui pemanfaatan dunia digital. Menteri Koperasi dan UKM RI, Bapak Drs. Teten Masduki mengunjungi booth Aruna untuk menjajal berbagai pengalaman interaktif yang ditawarkan oleh Aruna melalui ArunaVerse. Hmm, apa itu ArunaVerse?
2. ArunaVerse, dunia baru kreatif nan imersif
Teknologi memperkenalkan kita semua pada suatu kemungkinan baru di mana kita bisa mengakses aneka konten kreatif yang lebih interaktif. ArunaVerse merupakan dunia digital atau metaverse dari Aruna, di mana kamu bisa memiliki pengalaman berkunjung di daerah pesisir Indonesia. Akselerasi digital yang terjadi akibat pandemi COVID-19 kian mendorong tekad Aruna untuk menghadirkan ArunaVerse sebagai sarana edukatif kreatif, yang pun berperan sebagai “konektor pengalaman”, terutama buat Teman Aruna yang dari berasal dari luar negeri.
Sebagai perusahaan perikanan terintegrasi terbesar di Indonesia, Aruna percaya bahwa ArunaVerse berpotensi untuk memberikan hiperkonektivitas, gamifikasi, dan personalisasi yang masif bagi seluruh Teman Aruna. Melalui ArunaVerse, Aruna juga berkomitmen untuk memberikan pengalaman mengenal dan belajar tentang pesisir maupun laut Indonesia yang lebih imersif dengan bermacam kostumisasi dan sajian digital yang menarik.
3. Hal yang bisa dilakukan di ArunaVerse
Ada banyak hal menarik yang dapat ditemui di ArunaVerse, lho. Teman Aruna bisa menyaksikan keindahan otentik suasana pantai Indonesia secara digital. Tak hanya itu, Aruna juga menyertakan berbagai informasi edukatif, seperti komoditas unggulan dari berbagai wilayah Indonesia dan gambaran keseharian masyakarat pesisir. Melestarikan laut tidak pernah terasa semudah dan semenarik ini, bukan?
Hal ini juga dijadikan Aruna sebagai momentum untuk memberdayakan dan menjaga kesinambungan laut Indonesia. Dengan tetap berpegang teguh pada semangat sustainable fisheries, acara “Pameran dan Temu Bisnis (Business Matching) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” hadir dengan berbagai fasilitas dan program kerja, seperti pelatihan dan pendampingan, peliputan pada e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP), temu bisnis, dan fasilitas akses pameran ke luar negera. Mantap!
Leave a reply
No comments found.