Aruna – IPB Sepakat Mengembangkan Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Melalui Inovasi Teknologi

Nakama Aruna

October 8, 2021

Kerjasama Aruna IPB

Untuk terus membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan komunitas nelayan, Aruna bertekad untuk membangun kerja sama dengan berbagai lembaga dan para pemangku kepentingan. Kerja sama itu dilakukan agar dapat semakin mempercepat terwujudnya berbagai program pengabdian yang berdampak positif bagi masyarakat. 

Sebagai startup yang bergerak di bidang perikanan, Aruna merupakan perusahaan yang membina nelayan kecil dan menghubungkan mereka dengan pasar global dengan platform teknologi. Aruna juga secara rutin mensosialisasikan sistem penangkapan hasil laut dengan prinsip sustainability (keberlanjutan). Hal ini sangat berkaitan erat dengan dengan pencanangan Sustainable Development Goals (SDGs) terutama untuk poin mengenai perawatan lingkungan dan kehidupan ekosistem laut berkelanjutan.

Untuk mendukung misi besar itu, tahun ini salah satu wujud kerja sama dijalin dalam sebuah nota kesepahaman dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Ruang lingkup kesepahaman yang dijalin kali ini meliputi kerja sama di bidang-bidang sebagai berikut: pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan dan pemanfaatan program inkubasi, inovasi, dan alih teknologi. Adapun kerja sama juga dijalin di bidang-bidang lain yang berkaitan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Pada Juni hingga Agustus 2021, salah satu program kerja sama pertama yang diadakan adalah Roadshow Aruna x KKN IPB. Empat lokasi Aruna Site yang terpilih untuk menjadi wilayah tujuan pelaksanaan adalah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Lebak, Kabupaten Kepulauan Selayar, dan Kota Bontang.  

Para mahasiswa IPB yang tergabung di dalam program ini mengikuti rangkaian program yang telah disusun. Secara umum, mereka membuat rencana pekerjaan berupa pemetaan sosial (social mapping), pengenalan literasi keuangan, dan pengenalan diversifikasi produk olahan perikanan.

“Kami senang bekerjasama dengan Aruna karena mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga: tinggal dan menyaksikan langsung aktivitas nelayan. Kami berharap program ini bisa terus memberikan inovasi di tahun-tahun berikutnya sehingga kita bisa membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan nelayan serta membangkitkan kesadaran untuk menjaga lingkungan laut Indonesia,” kata Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.S.i.

Mahasiswa tinggal bersama keluarga nelayan lokal dan didampingi oleh tim Aruna di lokasi yang terdiri dari local hero, helper, dan nelayan binaan Aruna.

“Kesepakatan kerja sama yang terjalin dengan IPB adalah satu langkah positif bagi kita semua karena dengan berbagai program itu nantinya akan bertujuan meningkatkan kesejahteraan para nelayan sambil memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa,” kata Utari Octavianty, founder sekaligus Chief Sustainability Officer Aruna.

Dengan kerja sama ini, Aruna berharap bisa ikut mendukung misi pemerintah dengan ikut menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menjawab tantangan dunia industri. Di masa depan, sebagai wujud komitmen untuk mendukung penelitian dan pengembangan yang diperlukan dalam membangun industri perikanan, Aruna juga berencana untuk terus melakukan investasi dan inovasi di bidang ini.

Leave a reply

No comments found.