Sambut 5 Tahun Berkarya, Aruna Luncurkan Asuransi Nelayan dengan Qoala dan BRI Life

Nakama Aruna

April 5, 2021

aruna bersama qoala & BRI Life luncurkan asuransi nelayan

Menginjak tahun ke-5, perusahaan startup perikanan Aruna bekerja sama dengan startup insurance technology (insurtech) Qoala dan pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama untuk memberikan asuransi dengan premi terjangkau mulai dari 50 ribu per tahun kepada para nelayan, dengan manfaat hingga sembilan belas juta Rupiah.

Aruna, Jakarta – Inisiatif ini merupakan kerja sama Aruna dengan Qoala untuk mengembangkan desa pesisir, mengingat melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi. Tidak hanya terjangkau, pengajuan asuransi ini juga mudah. Asuransi yang disematkan untuk peluncuran pertama ini adalah Asuransi Mikro (AM) Prisma Plus dari BRI Life. 

Para nelayan yang telah terdaftar di platform Aruna cukup memberikan fotokopi KTP dan KK kepada para Local Heroes di Aruna Site. Local Heroes ini adalah tim internal Aruna yang setiap harinya membantu pendataan transaksi serta sosialisasi teknologi di lokasi Aruna Site. Untuk proses klaim pun terbilang mudah, karena Local Heroes yang akan menggunakan aplikasi Qoala dalam melakukan proses klaim. 

“Bagi Aruna, nelayan merupakan mitra strategis yang perlu diperhatikan juga kesejahteraannya apalagi melaut merupakan pekerjaan dengan risiko tinggi. Untuk itu kami mengajukan kerja sama dengan Qoala sebagai platform asuransi digital untuk menjangkau lokasi-lokasi terpencil. Nantinya, para nelayan yang telah terdaftar di platform Aruna cukup memberikan fotokopi KTP dan KK kepada para Local Heroes di Aruna Site dan tim kami ini yang menginput datanya ke platform Qoala” ungkap Utari Octavianty selaku Co-Founder dan General Director dari Aruna.

Produk Perlindungan AM Prisma Plus dari BRI Life ini memberikan santunan kematian akibat kecelakaan hingga 19.500.000 Rupiah untuk santunan kematian akibat kecelakaan. Nelayan dengan asuransi ini pun dapat melakukan klaim sebesar 5 juta Rupiah untuk santunan cacat fisik akibat kecelakaan, beserta tambahan biaya operasi, santunan rawat inap, dan kematian wajar. 

Co-founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin, menjelaskan, aplikasi Qoala sangat mudah digunakan dan bisa diakses dengan cepat melalui smartphone. Untuk urusan keamanan data, tak perlu diragukan, Qoala saat ini tercatat dalam Sandbox OJK di klaster Insurtech.

“Kami memiliki komitmen penuh untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna Qoala, khususnya para nelayan. Asuransi seharusnya bisa melindungi para pekerja di garis terdepan, dan harus bisa diakses dengan cepat dan mudah. Kerja sama Qoala dan Aruna ini kami harap dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan,” ujar Tommy.

“Sinergi antara BRI Life, Aruna dan Qoala yang penandatanganan kerjasamanya dilakukan pada hari ini, merupakan momentum penting bagi BRI Life khususnya untuk penetrasi  produk mikro BRI Life ke masyarakat luas dalam hal ini nelayan. BRI Life optimis, kerjasama ini akan berjalan dengan sangat baik dan prospektif, di samping akan memberikan manfaat nyata untuk masyarakat mikro, dalam hal ini nelayan”, terang Anik Hidayati, Direktur Pemasaran dan Bisnis Syariah BRI Life.   

Lokasi pertama yang menjadi percobaan untuk sosialisasi asuransi ini adalah Masalembu yang secara geografis terletak di antara Selat Makassar, Laut Jawa, Laut Flores, dan Selat Lombok. Pertemuan tiga kawasan perairan ini menciptakan kekuatan fisis interaksi laut dan atmosfer secara alami, dengan risiko kecelakaan yang tinggi. Namun, perairan ini juga memiliki potensi ikan yang berlimpah dan beragam, tak heran jika mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan meskipun risiko melaut sangat tinggi. Selain itu, asuransi ini juga diluncurkan di Ujung Genteng, Jenebora dan Papaan.

Aruna adalah platform integrasi pasar hasil laut terbesar di Indonesia yang memberdayakan nelayan kecil agar dapat menghasilkan produk berorientasi ekspor. Inisiatif ini merupakan kerja sama dengan Qoala. Qoala adalah perusahaan rintisan di bidang teknologi asuransi atau insurtech dengan misi memasyarakatkan asuransi melalui kombinasi pengembangan produk baru yang didukung oleh teknologi dan proses klaim berbasis digital, dan machine learning.

 

TENTANG ARUNA

Aruna adalah integrasi pasar hasil laut terbesar di Indonesia yang membina nelayan kecil dan menghubungkan mereka ke pasar global dengan teknologi; sehingga berbeda dengan perusahaan seafood lainnya. Teknologi dari Aruna memiliki kapabilitas pelacakan yang detail dan juga fitur-fitur yang mendorong perikanan berkelanjutan dan pembangunan ekonomi. Aruna didirikan pertama kali pada tahun 2016 oleh Farid Naufal Aslam, Utari Octavianty dan Indraka Fadhlillah dengan latar belakang pendidikan teknologi sekaligus putra daerah dari desa pesisir.

Pada tahun 2020 Aruna telah memberdayakan lebih dari 20,000+ nelayan di 13+ provinsi. Setiap kampung nelayan yang telah terafiliasi Aruna, dapat meraup omzet sekitar 300 juta hingga 700 juta per bulannya. Bersama Aruna, taraf hidup nelayan meningkat drastis dari yang memiliki pendapatan sekitar satu juta Rupiah per bulan, kini minimal mereka bisa meraih tiga juta Rupiah per bulan dengan 70% produk berorientasi ekspor.

Sepak terjang dari Aruna telah melahirkan beberapa award, salah satunya adalah Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge 2019 dan juga Startup Of The Year 2019 oleh Majalah TEMPO. Aruna juga dinobatkan sebagai The Most Social Impact Startup 2019 oleh Kemenristekdikti RI. Kini, Aruna telah aktif melakukan ekspor hasil ke beberapa negara, dari mulai wilayah Amerika Utara, Cina, Asia Timur, Timur Tengah dan masih banyak hal lain. Farid, Indraka, dan Utari juga dinobatkan sebagai bagian dari Forbes 30 Under 30 Asia pada tahun 2020 dan Indonesia pada tahun 2021.

 

TENTANG QOALA

Qoala adalah perusahaan rintisan di bidang teknologi asuransi atau insurtech dengan misi memasyarakatkan asuransi melalui kombinasi pengembangan produk baru yang didukung oleh teknologi dan proses klaim berbasis digital, dan machine learning.

Dengan memberikan pengalaman asuransi terbaik bagi pelanggannya melalui proses klaim yang cepat dan mudah, Qoala juga membantu perusahaan asuransi mengurangi biaya dan risiko melalui teknologi. Qoala berkolaborasi dengan perusahaan asuransi terdepan dalam mengembangkan produk-produk asuransi baru untuk mendorong kesadaran asuransi melalui kasus-kasus seperti penundaan penerbangan, kontrol kualitas hotel, logistik, kerusakan layar ponsel dan sebagainya.

Melalui pemanfaatan teknologi, Qoala memberikan solusi dengan membantu mendigitalisasi perusahaan asuransi dan pialang asuransi, serta mendukung kebutuhan pihak-pihak tersebut untuk lebih efisien di era digital.

Didirikan oleh lulusan Oxford University dan UCL, Harshet Lunani dan Tommy Martin, tim Qoala terdiri dari individu-individu dari bermacam latar belakang industri yang berbeda dengan pengalaman dari berbagai start-up unicorn di Indonesia.

 

TENTANG BRI LIFE

BRI Life merupakan perusahaan asuransi jiwa nasional yang kepemilikan saham mayoritasnya dimiliki oleh PT. Bank Rakyat Indonesia. Awalnya, BRI Life didirikan untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa bagi para kreditur nasabah Bank Rakyat Indonesia di seluruh Indonesia yang tersebar hingga ke pelosok negeri. Di usianya yang memasuki 34 Tahun di 2021 ini, BRI Life  telah mengembangkan sayapnya dengan penjualan produk asuransi melalui berbagai kanal distribusi, yakni; agency, korporasi, bancassurance serta distribusi alternative dengan beragam produk perlindungan jiwa dan kesehatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.  Dengan jaringan kerja yang  luas, dukungan teknologi yang kuat dari induk perusahaan bank BRI serta jaringan provider rumah sakit yang luas, BRI Life tumbuh semakin kuat dan kokoh sebagai perusahaan asuransi jiwa yang sehat di industry asuransi jiwa nasional.

Leave a reply

No comments found.