Aruna Berterima Kasih kepada Laut Indonesia

Nakama Aruna

April 12, 2021

Komunitas pesisir laut Indonesia

Hari Nelayan Nasional telah kita peringati pada tanggal 6 April yang lalu. Merefleksikan kembali, peringatan ini menjadi hari yang sangat spesial untuk Aruna. Pasalnya, semangat Hari Nelayan Nasional sesuai dengan prinsip yang selalu kami pegang yaitu “Laut untuk Semua”. Prinsip ini berarti kami berupaya membantu menjaga kehidupan laut yang berkeadilan dan berkelanjutan. Dengan usaha menjaga laut dan kehidupan laut tetap sehat, Aruna berupaya menjadi solusi bagi berbagai masalah yang dihadapi oleh komunitas pesisir khususnya nelayan, keluarganya, dan makhluk hidup lainnya di lautan.

Nelayan merupakan profesi yang mulia sekaligus beresiko tinggi. Mereka pergi melaut menangkap ikan dengan menantang bahaya tiap saat. Secara langsung, mereka turut membantu masyarakat yang hidup di tengah kota agar bisa tercukupi kebutuhan gizinya. Beresiko tinggi karena harus mengarungi  lautan yang sangat keras dan kita tidak pernah tau kapan badai akan datang. Terkadang, kalimat “bisa pulang dengan selamat” menjadi ungkapan kaya makna dan anugerah meskipun hasil tangkapan yang didapat tidak terlalu banyak. 

Nelayan sebagai Profesi yang Membanggakan

Menurut riset yang menganalisis data Survei sosio-ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2017, nelayan masuk kategori sebagai salah satu profesi paling miskin di Indonesia. Sebanyak 11,34% orang di sektor perikanan tergolong miskin. Persentase ini lebih tinggi dibandingkan sektor pelayanan restoran (5,56%), konstruksi bangunan (9,86%), serta pengelolaan sampah (9,62%). 

Salah satu penyebabnya adalah berbagai pelanggaran di laut Indonesia seperti penggunaan alat tangkap ilegal dan penangkapan ikan berlebih (overfishing). Beberapa akademisi juga berpendapat bahwa pendapatan yang rendah, ditambah dengan tantangan cuaca ekstrem di laut dan jarak yang jauh dari keluarga dalam waktu yang lama membuat nelayan menjadi profesi yang kurang menarik secara global.

Aruna hadir untuk berupaya menjadi solusi dari berbagai masalah-masalah tersebut. Para nelayan yang bergabung di Aruna akan mendapatkan merchandise khusus sebagai identitas mereka. Merchandise yang Aruna berikan berupa T-Shirt, Topi, dan lain-lain berupaya membangkitkan perasaan bangga atas profesi nelayan yang telah dijalankan turun-temurun sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia. 

Aruna untuk Laut Indonesia

Selain merchandise, Aruna juga menggelar beberapa program unggulan seperti GAHAR (Gelombang Hadiah Aruna) dimana Aruna membagikan beberapa bingkisan bagi para nelayan yang telah memberikan kontribusi hasil tangkapnya. Dengan program ini, nelayan yang bisa mencapai jumlah target tertentu akan mendapatkan bonus berupa kupon yang bisa ditukarkan dengan alat-alat tangkap baru ataupun bahan-bahan kebutuhan rumah tangga.

Dari program GAHAR ini juga, nelayan Aruna berkesempatan mendapatkan hadiah/doorprize di akhir tahun. Hadiah ini diberikan pada mereka yang telah memberikan kontribusi dan mencapai jumlah target hasil tangkapannya.

Dan setiap bulannya, Aruna rutin mengadakan acara “Sarasehan Aruna” untuk para nelayan dan warga pesisir. Hal ini dimaksudkan untuk membangun komunikasi, kepercayaan, serta memberikan edukasi penting yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga nelayan.

Tidak hanya itu satu langkah nyata Aruna yang terbaru adalah dengan meluncurkan program asuransi bagi nelayan. Program ini bekerjasama dengan Qoala, sebuah startup teknologi asuransi dan perusahaan asuransi BRI Life. Dengan kerja sama ini, Aruna bermaksud memberikan perlindungan lebih kepada nelayan. Selain itu Aruna juga ingin menjangkau lebih banyak nelayan yang beraktivitas di seluruh laut Indonesia.

Salam,

Selamat Hari Nelayan Nasional 2021.

Laut Untuk Semua!

Leave a reply

No comments found.