#BincangNakama: Cara Janu Beradaptasi dari Local Heroes menjadi Financial Executive

Nakama Aruna

April 12, 2021

Januard Fauzan Baso

Kalo diibaratkan Operasional itu adalah divisi yang harus “mencetak gol” sedangkan Finance harus “menjaga gawangnya”. 

April 2018 adalah pertama kali saya bergabung dengan Aruna. Ketika itu jumlah karyawan dan Aruna Site masih sangat sedikit. Dan awalnya justru saya ditempatkan di daerah Kendari menjadi seorang Local Heroes dan masuk ke tim Operasional. 

Selama satu tahun di Operasional saya banyak belajar terutama bagaimana saya harus bertemu, berkomunikasi, serta menghandle transaksi dengan Nelayan. Tahun 2019, barulah saya cross divisi masuk ke Finance bagian accounting, yang mana saya bener-bener sendiri dan tidak ada mentor semua serba otodidak. 

Ini cerita Janu

Wah, kalo saya mendengar cerita diatas ini sangat seru dan menarik ya Jan, mau tau dong bagaimana sih tips dari Janu untuk pengembangan karir baik diri dan skill agar sukses dimasa depan, mengingat pengalaman Janu yang pernah cross divisi dari Operasional ke Finance? Bagaimana juga cara Janu beradaptasi?

Jujur pertama kali masuk Aruna pun, saya bener-bener belum tau siapa diri saya dan skill saya tuh ada dimana saja. Seiring berjalannya waktu, saya banyak belajar sendiri, mengulik kemampuan saya dan beradaptasi serta banyak melakukan improvement dengan cepat. 

Selain belajar sendiri, saya juga banyak bertanya kepada orang yang sudah profesional dan untuk zaman sekarang sangat mudah dan gampang untuk mendapatkan ilmu. Hanya cari di internet (google dan youtube) semua sudah langsung tersedia. Dan jangan lupa untuk sering bertanya. Dan yang paling penting jangan lupa untuk terus bertanya. 

Menurut Janu, bagaimana sih menjaga mindset kita agar tetap terjaga dan bisa berkembang? 

Saya selalu percaya bahwa Aruna akan menjadi perusahaan yang sangat besar, seperti kita tahu kalau bicara soal perusahaan yang bergerak di bidang perikanan ini tentu sangat banyak. Tapi perusahaan yang bergerak di perikanan khususnya dari hulu ke hilir itu hanya sedikit dan Aruna salah satunya. Ini membuat saya semangat untuk bisa membuat improvement dan adaptasi dengan cepat di Aruna. 

Pelajaran dari Aruna

Ya seperti yang ceritakan di awal, yang mana saya itu berawal dari operasional yang kemudian masuk ke finance, dimana kedua divisi ini kan saling bersinggungan. Dengan pengalaman saya ini, saya bisa paham untuk kedua divisi ini, saya paham ritme kerja di lapangan itu seperti apa dan ketika saya di finance pun sama. Ketika menjadi Local Heroes pun, saya berada di tahun yang benar-benar sulit. Selain pekerjaan lapangan ada juga pekerjaan lain yang harus diurus, seperti BusDev dalam hal mengurus partner/mitra. 

Saya ingat betul ketika menjadi Local heroes dan tidur di Aruna Site. Waktu itu saya lagi melakukan aktivitas packing kepiting bakau. Kepiting  Bakau ini capit nya besar-besar dan cara packingnya harus diikat, Nah cara mengikatnya pun ga bisa sembarang dan sulit juga, mengingat background saya juga bukan berasal dari perikanan. Dalam hal packing ini pun semua dilakukan tanpa ada training, kita belajar sendiri  (otodidak) hanya melihat dari video. Alhasil beberapa kali dicapit oleh kepiting. hehehe

Cara Janu Beradaptasi

Nah mau tanya juga mas, bagaimana sih tips untuk bisa bekerja di bidang finance seperti apa?

Menurut saya, bidang finance kan banyak terkait analisa dan angka juga data, jadi yang harus dipertajam dan belajar banyak terkait berbagai macam case. Gimana untuk mempertajamnya, tentunya harus banyak tanya dan jangan malu untuk bertanya, dan terus cari ilmunya. 

Wah seru juga Jan, ga kerasa udah masuk ke pertanyaan terakhir, apa sih pesan dan kesan untuk Aruna?

Kita harus terus bekerja keras, kekompakan kita itu sangat berarti, dan harus bisa mendukung satu sama lain karena hal ini bisa membuat Aruna kuat. Dan untuk semua divisi Aruna tetap semangat jangan cepat down agar kita sama sama bisa setara atau lebih tinggi diatas startup yang lain. Dan percayalah ketika bekerja keras akan hasil yang kita dapat. Untuk Nelayan dan warga pesisir, Aruna akan terus berusaha memajukan wilayah kemaritiman Indonesia.
Setelah sedikit mendengar cerita perjuangan Aruna sejak awal, jadi penasaran dengan cerita nakama lainnya ya. Pastikan untuk update informasi terbaru mengenai Aruna melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan LinkedIn Aruna. Jika kamu tertarik untuk bergabung dengan Aruna, cek laman karir Aruna di sini.

Leave a reply

No comments found.