Hari Sumpah Pemuda, Begini Cara Nakama Aruna Memaknainya

aruna_admin

October 28, 2021

Sumpah Pemuda Indonesia

Hi, Aruna Friends!

Sumpah Pemuda bagian dari  sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Hari Sumpah Pemuda mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia, khususnya para pemuda dalam memperjuang kemerdekaan Republik Indonesia. 

Memperingati Hari Sumpah Pemuda hari ini, kita intip yuk obrolan bersama Nakama Aruna memaknai hari Sumpah Pemuda. Berikut hasil wawancara kami dengan Aris Muzaqi sebagai Product Owner Aruna. 

Kalau mendengar “Sumpah Pemuda” apa nih yang kamu pikirkan?

Dari kecil sampai sekarang yang terpikir kalau Hari Sumpah Pemuda itu adalah kata “Jong” (Gak jelas banget, tapi gak tau ini yang selalu teringat) yang artinya adalah pemuda. Kata itu menegaskan kembali kalau cita- cita berdirinya negara Indonesia “rohnya” adalah hasil dari teamwork nya para Pemuda.

Apa makna “Sumpah Pemuda” menurut kamu?

Menurut saya, merepresentasikan makna penting dari hari penting ini adalah dengan empat poin, yaitu: idealisme, visi & misi yang kuat, konsistensi dan kolaborasi. Jika kita lihat background terwujudnya cita – cita bangsa Indonesia, yaitu kemerdekaan Indonesia maka sangat jelas kaitannya dengan Sumpah Pemuda ini. 

Jadi, kesimpulannya menurut saya momen ini tidak hanya sebuah semangat ikrar semata dari para Pemuda Indonesia, tetapi lebih dari itu. Sebagai contoh untuk generasi muda selanjutnya kalau cita-cita yang besar harus dilakukan dengan tekad (idealisme). Lalu mampu merumuskannya menjadi sebuah visi dan misi yang jelas, konsisten dengan step-step sampai tujuan itu terwujud, dan pentingnya harmoni keberagaman dalam kolaborasi sebagaimana tersirat dari kata  awal sumpah pemuda yaitu “Kami”.

Bagaimana memaknai “Sumpah Pemuda” ini dalam kehidupan sehari-hari kamu?

Memaknai Hari Sumpah Pemuda paling baik adalah dengan “Doing Action” atau mengamalkannya. Menunjukkan sisi semangat meneruskan cita-cita bangsa Indonesia dengan ikut berkontribusi dalam memajukan bangsa sesuai profesi masing-masing. Dan yang terpenting adalah semangat berprestasi (competitiveness) serta rasa cinta akan Indonesia yang dilakukan dengan menjaga serta memiliki rasa bangga dengan identitas bangsa Indonesia. 

Anak muda seperti apa yang dibutuhkan untuk memimpin bangsa nantinya?

Saya pikir anak muda harus memiliki empat hal ini untuk mendukung hal tersebut, yaitu: cerdas, visioner, konsisten dan terbuka untuk feedback.

Menurut kamu sebagai Product Owner di Aruna, apa peran penting pemuda dalam pemanfaatan teknologi?

Teknologi erat kaitannya dengan inovasi yang dinamis, sehingga sebagai user pemuda harus cerdas dalam menggunakan teknologi yang terus berkembang untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat. Harapannya para Pemuda Indonesia tidak hanya menggunakan teknologi untuk dirinya sendiri tetapi dapat pula digunakan sebagai sarana mengedukasikan masyarakat luas.

Apa harapan kamu dengan pemanfaatan teknologi dan produk di Aruna?

Selain teknologi, sebenarnya ada poin penting juga, yakni bisnis. Saya selalu mengibaratkan bisnis & teknologi itu si kembar tachibana, artinya keduanya erat kaitannya dan selalu sejalan. Nah, sekarang itu era “business digitalization” artinya sekarang adalah momentumnya Aruna untuk dapat memanfaatkannya (terutama bisnis di bidang maritim) dengan baik. Hal ini tidak hanya untuk para Nakama tetapi juga kepada para stakeholder nya, terkhusus para nelayan.

Nah, demikianlah obrolan mengenai makna Sumpah Pemuda bersama Aris Muzaki sebagai Product Owner Aruna, semoga bisa menjadi inspirasi untuk kita. Jika kamu tertarik untuk bergabung menjadi Nakama Aruna, cari tahu kesempatan kamu disini .

Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk Seluruh Pemuda Indonesia. 

Leave a reply

No comments found.